visitaaponce.com

Anggaran Subsidi Pangan di Banyumas dari APBD

Anggaran Subsidi Pangan di Banyumas dari APBD
Ilustrasi pangan.(MI/APUL ISKANDAR)

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan subsidi pangan agar harga semakin terjangkau oleh masyarakat. Di sisi lain, pihaknya juga menggelar operasi pasar (OP) langsung ke daerah-daerah yang masyarakatnya miskin.

Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengungkapkan pihaknya akan menyiapkan anggaran dari APBD Banyumas yang akan dipakai untuk subsidi pangan. Bahkan, nantinya juga ada dari APBD Provinsi Jateng. "Anggaran tersebut nantinya dapat dipakai untuk mengalokasikan subsidi pangan yang kini harganya masih tinggi," jelasnya pada Kamis 
(29/2).

Menurutnya, pihaknya juga meminta informasi dari masyarakat di mana saja daerah yang kesulitan mendapatkan beras dengan harga murah. "Silakan diinformasikan, nantinya Pemkab bersama Bulog akan datang untuk mendistribusikan beras SPHP secara langsung," ujarnya.

Baca juga : Harga Bahan Pokok Naik, Pemkot Padang Panjang Optimalkan Strategi 4K

Pemkab juga terus menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah secara gratis bagi keluarga penerima manfaat bantuan tersebut di Banyumas. Selain bantuan pangan yang secara gratis,  pihaknya juga menyiapkan subsidi pangan murah.

"Saya ingin masyarakat yang butuh beras, minyak goreng, itu kita subsidi. Jadi kita sediakan barang, misalnya yang seharusnya harganya Rp75.000, itu membayarnya cukup Rp25.000, dan itu akan saya lakukan setiap minggu," kata dia

Ia mengatakan untuk ketersediaan pasokan kebutuhan pokok masyarakat di sejumlah pasar tradisional masih tetap aman.

"Saya sudah mengecek beberapa pasar, berasnya ada, lengkap, termasuk kita dropping beras SPHP. Termasuk kita sekarang memastikan bahwa SPHP bukan hanya tersedia di pasar tradisional, juga di pasar-pasar modern dengan harga yang sesuai harga eceran tertinggi Rp10.900 per kilogram," jelasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat