visitaaponce.com

Bulog Pantau Penjualan Beras SPHP di Pasar Gedhe Klaten

Bulog Pantau Penjualan Beras SPHP di Pasar Gedhe Klaten
Beras SPHP digelontorkan di Pasar Gedhe Klaten untuk menekan kenaikan harga beras.(MI/Djoko Sardjono)

BERAS stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) digelontorkan di Pasar Gedhe Klaten, Jawa Tengah (Jateng). Ini untuk menekan kenaikan harga beras di pasar tradisional tersebut.

Sementara itu, sebanyak 14 pedagang PasarGedhe Klaten mendapat pasokan beras SPHP dari Gudang Bulog 308 Meger, Klaten, masing-masing 100 pak. Per pak berisi lima kilogram.

Kepala Gudang Bulog 308 Meger, Febru Jatmiko, mengatakan pedagang di Pasar Gedhe Klaten terus digelontor beras SPHP untuk menekan harga beras yang melambung. Harga eceran tertinggi (HET) beras SPHP sebesar Rp10.900 per kilogram atau Rp54.500 per kemasan lima kilogram. 

Baca juga : Stok Beras Pedagang Menipis di Pasar Gedhe Klaten

Sedangkan beras medium di pasar saat ini Rp16.000 per kilogram. "Beras SPHP yang digelontorkan ke pasar kita pantau. Pedagang penerima beras SPHP pun selalu diingatkan agar beras Bulog dijual eceran, tidak boleh diborongkan," jelasnya.

Itu karena pemerintah menggelontorkan beras SPHP untuk menekan harga beras di pasar. Selain itu, penggelontoran untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga murah. 

"Kami mengingatkan pedagang yang mendapat pasokan beras SPHP harus menjual secara eceran, tidak boleh diborongkan karena hal itu tidak sesuai target pemerintah," kata Febru.

Baca juga : Ikuti Sembako, Harga Sayur Mayur di Tegal Naik

Pasar digelontor beras SPHP untuk menekan kenaikan harga beras. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Pasar Gedhe Klaten, Purwadi, saat ditemui di pasar tersebut.

Namun, berdasarkan pantauan Media Indonesia, Jumat (1/3), harga beras medium masih tinggi, yakni Rp16.500 per kilogram, meski setiap pekan pasar dipasok beras SPHP. Salah satu pedagang, Karny, mengatakan bahwa harga beras medium di pasar hingga saat ini masih bertahan Rp16.500 per kilogram atau Rp82.500 per 
kemasan lima kilogram.

"Harga beras masih tinggi, Pak! Saya jual beras medium Rp16.500 per kilogram. Saya ambil untung Rp900 per kilogram, tetapi belum dihitung biaya plastik dan angkutan," ujarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat