visitaaponce.com

Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Desa Wisata

Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Desa Wisata
Sejumlah pengunjung menikmati wisata permandian air panas salah satu desa di Sumatra.(ANTARA/FRANSISCO CAROLLIO)

PEMPROV Bengkulu akan menggelar lomba desa wisata pada Juni mendatang dan para pesertanya sebanyak 10 nominator desa wisata periode 2020, 2021, dan 2023 lalu.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Desven Amril di Bengkulu, mengatakan, pendaftaran untuk lomba desa wisata akan dibuka pada Mei.

"Peserta lomba desa wisata tidak dibatasi dan yang menjadi prioritas adalah desa wisata yang pernah ikut dan masuk 10 besar lomba serta termasuk yang sudah pernah juara," katanya, Jumat (8/3).

Baca juga : PD Bhayangkari Sulbar Kunjungi Masyarakat Suku Bunggu

Selain itu, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan pihaknya tetap menerima desa-desa lain untuk mengikuti lomba termasuk destinasi wisata desa yang baru pun tetap panitia perbolehkan dan tidak batasi.

Untuk berkas pendaftaran sama seperti sebelumnya, sudah terbentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang didukung surat keputusan dari kepala desa.

Pemprov mengajak dan mendorong para Pokdarwis untuk menyiapkan beberapa aspek pendukung seperti pengembangan sarana dan prasarana, kearifan lokal hingga kultur budaya sebagai penarik wisatawan.

"Pemprov berharap lomba desa wisata dapat mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di desa agar dapat menarik minat pengunjung dan meningkatkan perekonomian di desa. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat