visitaaponce.com

Arus Balik Mulai Tinggi, Cakupan Contraflow Diperpanjang

Arus Balik Mulai Tinggi, Cakupan Contraflow Diperpanjang
Mobil-mobil melintasi jalan tol yang diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow.(MI/Ramdani)

PT Jasamarga Transjawa Tol memperpanjang cakupan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Rekayasa lalu lintas itu kini diberlakukan dari Kilometer (KM) 70 hingga KM 47 arah Jakarta. Sistem tersbeut diberlakukan pada Jumat (12/4) malam mulai pukul 21.42 WIB.

Sebelumnya, contraflow hanya diberlakukan dari KM 55 sampai KM 47.

Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo, mengatakan langkah rekayasan lalin itu diambil menyusul volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta yang terus bertambah.

Baca juga : Arus Balik Nataru, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

"Karena volume semakin naik, diberlakukan perpanjangan sistem contraflow tersebut," ujar Ria di Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Dia mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk memastikan kendaraan dalam keadaan prima dan saldo uang elektronik cukup. Pengendara juga harus mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di tempat peristirahatan (rest area).

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata dia.

Baca juga : Contraflow di Tol Japek Dihentikan karena Lalu Lintas Lancar

Sebelumnya Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk Faiza Riani menyebutkan tahun ini puncak arus balik diprediksi berlangsung pada Senin (15/4). Untuk menghindari antrean panjang kendaraan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menghindari juga perjalanan di waktu favorit, yaitu pagi dan malam hari.

"Kami mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik," tuturnya.

Adapun, pemudik yang memiliki kelonggaran waktu diminta menunda kepulangan sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol 20% yang akan diberlakukan mulai Rabu (17/4) pukul 05.00 sampai Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB.

Potongan tarif itu berlaku di Tol Trans Jawa dari Semarang (Jawa Tengah) menuju Jakarta hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat