visitaaponce.com

Berkontribusi untuk Warga Lokal, CITA Raih Gold di Ajang CSR PDB Awards 2024

Berkontribusi untuk Warga Lokal, CITA Raih Gold di Ajang CSR & PDB Awards 2024
Pemberiaan penghargaan CSR dan PDB kepada CITA.(DOK CITA)

PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) meraih Gold pada ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024 yang merupakan kerja sama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi dan Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF).

Penghargan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Direktur CITA, Robby Irfan Rafianto di Hotel Westin, Selasa (7/5).

Robby menyebutkan penghargaan yang diraih pihaknya menjadi bukti nyata perbaikan infrastruktur dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lingkar tambang di Kecamatan Air Upas, Ketapang, Kalimantan Barat.

Baca juga : Pasar Properti Rp300 Jutaan jadi Trend di Karawang 

“Tim CSR/PPM CITA akan terus berupaya untuk mengembangkan program berkelanjutan yang dapat memberikan dampak positif bagi Desa Lingkar Tambang dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” ungkapnya.

Produsen bauksit terkemuka di Indonesia ini mendapatkan penghargaan kategori Gold atas program Akses Jalan Mendongkrak Pembangunan Desa Lingkar Tambang. Program tersebut dilatarbelakangi oleh masalah kondisi jalan yang masih sangat terbatas untuk menunjang kegiatan masyarakat di sekitar Desa Lingkar Tambang.

Melalui program itu, CITA bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membangun dan memperbaiki jalan sepanjang ± 90 kilometer periode 2019 sampai dengan 2023 yang menghubungkan kampung, desa, kecamatan dan kabupaten. Langkah ini tidak hanya bisa memberikan aksesibilitas, juga mendorong terbangunnya pemukiman baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Baca juga : Kemendagri Paparkan Strategi Percepatan Pembangunan di Daerah

Kemudian, dampak positif yang ditimbulkan dengan adanya program ini, tidak hanya akses transportasi yang membaik, juga perkembangan akses terhadap listrik dan jaringan komunikasi menjadi lebih mudah dijangkau.

Kehadiran CITA juga dipandang memberikan sumbangsih terhadap peningkatan Nilai Index Desa Membangun yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menjadi lebih baik dalam kurun waktu 2020-2023. Dalam perkembangannya rata-rata desa di kecamatan Air Upas naik dari status desa berkembang menjadi maju dan mandiri.

Selain itu CITA berperan dalam mewujudkan capaian SDGs ke 9 tentang industri, inovasi dan infrastrukur yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sekitar. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat