visitaaponce.com

MTI Minta Pemerintah Benahi Transportasi Umum di Daerah

MTI Minta Pemerintah Benahi Transportasi Umum di Daerah
Bus sedang parkir di Terminal Tirtonadi,menunggu penumpang.(MI/Widjajadi)

WAKIL Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno meminta pemerintah untuk membenahi transportasi umum di daerah-daerah.

"Sekarang ada 65 pulau kecil itu oleh PUPR dibangun jaringan jalannya, itu harus diberikan angkutan umum," kata Djoko saat Forum Diskusi Sektor Transportasi "Satu Dekade Pembangunan Infrastruktur Transportasi" pada Jumat (17/5).

Hal tersebut, sambung dia, penting dilakukan karena ia menilai di pulau-pulau kecil tersebut justru sangat membutuhkan akses transportasi umum.

Baca juga : Cara Urus Pelat Nomor Cantik dan Besaran Biaya

"Ini yang harus didorong, perlu ada," ucapnya.

Di sisi lain, transportasi umum juga perlu diberikan di kawasan transmigrasi. MTI mencatat bahwa setidaknya terdapat 154 kawasan transmigrasi yang ada di Indonesia.

"Terlayani belum sampai 5 persen dengan bis perintis," jelasnya.

Baca juga : Tidak ada Solusi Instan Atasi Polusi Jakarta

Sementara itu, pemerintah juga tidak boleh melupakan daerah-daerah penghasil mineral di Indonesia seperti halnya Morowali, Djoko menilai daerah-daerah tersebut juga membutuhkan akses transportasi umum.

"Mereka punya gak angkutan? Grab atau kendaraan online, padahal itu daerah melarat, nikelnya kita pakai kan disini. Kasihlah mereka transportasi umum. Juga di Halmahera, di sana inflasinya tinggi, kalau kita pakai mobil disana Innova, mahal," tegas Djoko.

Terakhir, Djoko juga meminta pemerintah fokus kepada akses transportasi umum di daerah yang memiliki kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"KSPN ini kan dari simpul bandara ke kota, tapi di kotanya gak ada angkutan umum, jangan terulang seperti di Denpasar, Bali. Di Bali tidak ada angkutan umum, semuanya serba sewa," pungkasnya. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat