visitaaponce.com

Profesionalisme LADI Penting untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga Nasional

Profesionalisme LADI Penting untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga Nasional
Lembaga Anti-Doping Indonesia.(DOK IST)

KEKECEWAAN masyarakat Indonesia akibat tak bisa dikibarkannya Merah Putih di ajang olahraga internasional akan segera sirna. Badan Anti-Doping Dunia (WADA) tengah meninjau kinerja Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dalam menyelesaikan pending matters.

Pengamat olahraga Abdul Sukur gembira karena Merah Putih bisa segera berkibar lagi. Lelaki yang menjabat sebagai Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengapresiasi kinerja Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA bentukan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

“Kerja Gugus Tugas ini luar biasa karena  sanksi LADI yang seharusnya berlaku satu tahun hingga 7 Oktober 2022 bisa di-review dalam waktu empat bulan. Tentu itu tidak lepas dari diplomasi Gugus Tugas yang dipimpin Ketua KOI, Pak Raja Sapta Oktohari, dan kerja keras LADI dalam memenuhi kekurangan yang diminta WADA serta dukungan penuh Kemenpora,” kata Abdul, dalam keterangannya pada Rabu (26/1).

Abdul berharap sanksi kali ini bisa menjadi peringatan bagi Indonesia untuk mengedapankan fungsi LADI yang sesungguhnya. Meskipun untuk  sampai pada posisi tersebut perlu pengawasan internal yang dapat dilakukan oleh Gugus Tugas.

Baca juga: Penjaga Gawang Andalan Pantai Gading Diskors karena Doping

Apalagi, Okto sebagai Ketua Gugus Tugas selalu menekankan di depan WADA bahwa pemerintah Indonesia serius menjadikan LADI sebagai lembaga profesional, independen, dan modern.  

“Semoga sanksi LADI kali ini menjadi yang terakhir diterima Indonesia. Ke depan, LADI harus independen, profesional, dan modern karena ini aspek penting dalam mendukung olahraga prestasi Indonesia,” ujar Abdul yang juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan II UNJ.

“Agar hal ini tidak terulang kembali di masa depan, saya rasa perlu ada tim pengawas dan pendampingan yang mungkin bisa dibentuk Kemenpora sampai memastikan LADI bisa bekerja dengan memenuhi standar WADA.”

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat