visitaaponce.com

Sapporo Diusulkan Tunda Rencana Ikut Bidding Olimpiade Musim Dingin

Sapporo Diusulkan Tunda Rencana Ikut Bidding Olimpiade Musim Dingin
Logo Olimpiade di Sapporo, Jepang.(AFP/KAZUHIRO NOGI)

SAPPORO, Jepang bermaksud untuk mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030. Presiden Komite Olimpiade Jepang Yasuhiro Yamashita mengatakan akan mengadakan pembicaraan dengan Sapporo terkait usulan tersebut.

Tidak hanya itu, pembicaraan dengan Wali Kota Sapporo Katsuhiro Akimoto juga mengenai opsi untuk menunda jadwal menjadi tuan rumah yang awalnya 2030 ke 2034. Bidding tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030 rencananya akan berlangsung di Mumbai, India pada Oktober tahun ini.

Dilansir dari Antara, mayoritas atau 53% masyarakat menentang tawaran Sapporo sebagai tuan rumah. Sebanyak 27% setuju dan 20% tidak berkomentar.

Baca juga: Komite Olimpiade Indonesia Serukan Kampanye #StandforIndonesianSport

Keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin sebenarnya menuai pro dan kontra. Pasalnya, ada skandal suap terkait Olimpiade Musim panas 2020 yang saat itu Tokyo menjadi penyelenggaranya. Lawan politik Akimoto pun menentang usul untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Yamashita mengatakan penting untuk membuat rencana transparan untuk Olimpiade Musim Dingin dan menjelaskan dengan hati-hati kepada penduduk setempat sebelum mempertimbangkan dimulainya kembali upaya promosi yang agresif.

"Kita harus melakukan sesuatu dengan hati-hati. Kalau tidak, kita tidak bisa maju," kata Yamashita.

Baca juga: Asian Games Jadi Jalan Menuju Olimpiade

Direktur Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) Christophe Dubi pada Maret telah mengulas tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Namun, dia menolak untuk mengungkapkan berapa banyak tempat yang saat ini masuk menjadi opsi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Dubi mengatakan jumlahnya telah meningkat dari enam tempat yang dikonfirmasi sebelumnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat