visitaaponce.com

Indonesia Waspadai Jerman di Laga Kedua Piala Sudirman 2023

Indonesia Waspadai Jerman di Laga Kedua Piala Sudirman 2023
Timnas Indonesia berlatih di area gelaran Piala Sudirman.(medcom)

Tim bulu tangkis Indonesia mengawali babak penyisihan Piala Sudirman 2023 dengan langkah mulus. Menghadapi Kanada pada laga pertama Grup B, Indonesia menyapu bersih kemenangan 5-0.

Kemenangan itu menjadi modal berharga demi upaya kembali merebut trofi yang sudah 34 tahun tak berhasil diraih. Terakhir kali Indonesia juara di Piala Sudirman pada edisi perdana 1989. Pertandingan kedua penyisihan grup bakal menghadapi Jerman, Selasa (16/5) esok.

"Semoga energi positif kemenangan 5-0 atas Kanada ini bisa menular saat bertemu Jerman besok. Lawan Jerman, tentu kita akan menurunkan kekuatan terbaik dan pemain yang siap bertanding," kata manajer tim Armand Darmadji.

Baca juga: Piala Sudirman: Indonesia Sapu Bersih Kanada 5-0

"Saya hanya mengingatkan kepada pemain, boleh saja merasa confidence dengan kemenangan ini, tetapi jangan sampai over confidence karena masih ada pertandingan berikutnya yang pasti jauh lebih berat," imbuhnya.

Poin sempurna dipetik Indonesia pada laga melawan Kanada yang berlangsung di Suzhou Olympic Sports Centre, Tiongkok, Senin (15/5). Meski ketegangan dirasakan para pemain, semua mampu memetik poin tanpa kehilangan satu gim pun.

Pasangan campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah membuka poin bagi Indonesia usai mengalahkan Dong Adam/Josephine Wu dengan 22-20, 21-15. Debut di ajang sebesar itu diakui Adnan/Nita tak mudah.

Baca juga: Ini Daftar Skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2023

 

"Terus terang di awal gim pertama, saya merasa tegang di awal. Apalagi, ini pertama kali saya masuk tim sebesar perebutan Piala Sudirman," ucap Adnan.

"Tetapi berkat dukungan suporter, bisa menenangkan saya kembali tenang. Saya bisa kembali fokus dan percaya diri. Suporter ikut mendukung kami bisa memenangi  pertandingan ini," imbuhnya.

Di partai kedua, Anthony Sinisuka Ginting memperbesar keunggulan Merah Putih dengan mengalahkan Brian Yang juga dua gim langsung 21-17, 21-16. Di laga ketiga, Gregoria Mariska Tunjung berhasil memastikan kemenangan Indonesia 3-0 usai mengalahkan Ng Talia dengan 21-14, 21-13.

Gregoria juga pertama kali tampil di Piala Sudirman. Ketegangan juga dirasakannya namun akhirnya bisa diatasi. "Jujur sempat tegang juga karena ini merupakan pertandingan pertama saya di Piala Sudirman 2023 ini," ujarnya.

"Lawan sebenarnya juga bermain bagus. Cuma karena sama-sama baru pertama kali main dan bertemu, kami sama-sama tegang dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Untung saya bisa kembali fokus dan mengurangi kesalahan sendiri," imbuhnya.

Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kembali tampil setelah lima bulan absen mengikuti turnamen. Comeback the Minions di lapangan juga mampu mendulang poin bagi Indonesia. Marcus/Kevin juga menang dua gim langsung atas Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman dengan 21-16, 21-18.

"Puji syukur masih diberi kemenangan. Senang juga masih dipercaya main di perebutan Piala Sudirman tahun ini. Saya tentu senang bisa kembali ke lapangan setelah sekitar lima bulan absen," ujar Marcus.

Di partai kelima, ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto mengunci kemrnangan Indonesia 5-0 usai mengalahkan Catherine Choi/Michelle Li dengan 21-11, 21-8.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat