visitaaponce.com

Tiongkok Juara Piala Sudirman untuk ke-13 Kali, Pertahankan Rekor

Tiongkok Juara Piala Sudirman untuk ke-13 Kali, Pertahankan Rekor
Tiongkok menjadi juara Piala Sudirman 2023 seusai mengalahkan Korea Selatan di final, Minggu (21/5).(AFP)

TIONGKOK menjadi juara Piala Sudirman 2023 seusai mengalahkan Korea Selatan di final. Torehan itu membuat Negeri Tirai Bambu mengukuhkan dominasi sebagai pemilik trofi kejuaraan beregu campuran dunia paling bergengsi itu sebanyak 13 kali.

Hasil tersebut sekaligus mempertahankan rekor Tiongkok sebagai negara pemenang Piala Sudirman terbanyak sejak kejuaraan tersebut dilangsungkan pertama kali sejak 1989.

Pada partai puncak yang berlangsung di Suzhou Olympic Sports Center, Minggu (21/5), Tiongkok unggul 3-0. Pada laga pembuka Zheng Siwei/Huang Ya Qiong kalah di gim pertama menghadapi Seo Sung Jae/Chae Yu Jung 18-21.

Baca juga : Kembali Puasa Piala Sudirman, Manajer Tim Minta Maaf

Zheng/Huang yang kalah cepat pada awal pertandingan, berbalik menyerang dan mendobrak pertahanan Seo/Chae pada dua gim selanjutnya.

Pasangan Korea sempat memberikan perlawanan balik jelang akhir gim kedua, namun usaha mereka masih kalah gesit dibanding Zheng/Huang.

Baca juga : Indonesia Tersingkir dari Piala Sudirman

Ganda campuran peringkat satu dunia itu mampu merebut gim kedua 22-20 dan memaksakan rubber game. Tiongkok pun membuat poin pertama dengan kemenangan Zheng/Huang pada rubber gim 21-8.

Di tunggal putra, andalan Tiongkok Shi Yu Qi sukses meredam Lee Yun Gyu dua gim langsung 21-13, 21-17. Meski kedua pemain belum pernah bertemu sebelumnya, serta peringkat yang berselisih sangat jauh, namun keduanya menampilkan persaingan seru pada ajang beregu campuran elit tersebut.

Yu Qi memang sanggup menuntaskan pertandingan dalam dua gim langsung, namun ia mendapat perlawanan ketat dari pebulu tangkis peringkat ke-213 itu.

Setelah 55 menit bertanding, akhirnya pemain peringkat 10 itu pun menyumbang poin kedua bagi timnas Tiongkok lewat skor dua gim langsung 21-13, 21-17.

Laga sengit

Laga penentuan di tunggal putri juga berlangsung sengit. Tiongkok yang menurunkan Chen Yu Fei sukses mengalahkan peringkat dua dunia An Se Young 21-16, 22-20 untuk memastikan trofi. Pertandingan turut diwarnai reli panjang antara kedua pemain.

Berdasarkan catatan BWF pada laman resminya, Chen sudah mengoleksi delapan kemenangan atas An Se Young. Sementara An Se Young baru mendulang kemenangan separuhnya dari lawannya itu.

Meski begitu, wakil Korea itu menciptakan kemenangan pada tiga pertemuan terakhir secara berturut-turut, yaitu di Malaysia Open 2023, All England 2023, dan Kejuaraan Asia 2023.

Walau di atas kertas An Se Young memiliki kemampuan menghadapi Chen, namun ketegangan terlihat jelas pada wajah An Se Young begitu memasuki lapangan.

Dengan situasi yang tertekan, permainan An Se Young pun mampu diredam Chen lewat skor 21-16, 22-20 yang dicatatkan setelah bertanding selama 57 menit.

Piala Sudirman menjadi olahraga besar pertama yang digelar di Tiongkok sejak pencabutan pembatasan pandemi covid-19. Selain gengsi besar, turnamen tahun ini juga dihitung untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Sehari sebelumnya, Tiongkok melewati semifinal yang sulit melawan Jepang dengan kemenangan tipis 3-2. Adapun Korea Selatan ke final usai mengalahkan Malaysia 3-1. (Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat