visitaaponce.com

Simona Halep Hadapi Tuduhan Doping Lagi

Simona Halep Hadapi Tuduhan Doping Lagi
Mantan petenis nomor satu dunia Simona Halep(AFP/Anne-Christine Poujoulat)

MANTAN petenis nomor satu dunia Simona Halep menghadapi tuduhan pelanggaran aturan antidoping baru dari Badan Integritas Tenis Internasional (ITIA).

Petenis Rumania itu saat ini menjalani larangan sementara sejak Oktober 2022 karena dinyatakan positif menggunakan zat terlarang roxadustat di AS Terbuka pada Agustus tahun lalu dan kini berpotensi terkena sanksi lagi.

ITIA mengatakan pemenang gelar grand slam dua kali itu didakwa lebih lanjut berkaitan dengan ketidakberesan dalam Paspor Biologi Atlet (ABP) miliknya. Dakwaan itu terpisah dari dakwaan roxadustat.

Baca juga : Rybakina vs Kalinina: Duel di Final Roma

Program ABP adalah metode organisasi antidoping memantau berbagai parameter darah petenis dari waktu ke waktu untuk mengidentifikasi potensi pelanggaran doping.

"Kami memahami bahwa pengumuman hari ini menambah kerumitan pada situasi yang sudah diketahui," kata Direktur Senior Anti-Doping di ITIA, Nicole Sapstead.

Baca juga : Gara-Gara Lawan Perampok, Kyrgios Absen di Prancis Terbuka

"Tidak pantas bagi kami untuk mengomentari secara spesifik sampai proses selesai, tetapi kami akan terus terlibat dengan pengadilan independen Resolusi Olahraga dan perwakilan Halep secepat mungkin," imbuhnya.

Halep mengatakan setelah tes positifnya Oktober lalu bahwa dia akan berjuang sampai akhir untuk membersihkan namanya dan kini menunggu sidang yang dijadwalkan pada 28 Mei.

"Sepengetahuan saya, saya tidak mengonsumsi zat terlarang apa pun. Saya adalah pendukung besar olahraga bersih dan selalu menentang doping," kata Halep. (AFP/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat