visitaaponce.com

Sabalenka Melaju, Jabeur Dijegal Petenis Tiongkok

Sabalenka Melaju, Jabeur Dijegal Petenis Tiongkok
Aryna Sabalenka berasal dari Belarus.(AFP)

ARYNA Sabalenka merayakan pendakiannya ke posisi puncak alias nomor satu dunia tenis putri dengan melaju ke perempat final AS Terbuka. Pada babak 16 besar yang berlangsung Selasa (5/9), petenis Belarusia itu menyisihkan Daria Kasatkina (Rusia).

Sabalenka, yang akan naik menjadi petenis nomor satu dunia baru pekan depan setelah tersingkirnya Iga Swiatek pada putaran keempat, melaju ke fase delapan besar dengan kemenangan 6-1, 6-3 atas Kasatkina.

Sabalenka yang musim lalu kalah di semifinal menargetkan gelar grand slam keduanya musim ini setelah menjuarai Australia Terbuka.

Baca juga : Ostapenko Pulangkan Juara Bertahan Iga Swiatek

Petenis berusia 25 tahun itu senang bisa mengamankan peringkat puncak namun mengakui lebih suka jika mengalahkan Swiatek di final. "Sejujurnya saya tidak ragu dia (Swiatek) akan mencapai final, saya benar-benar ingin bertarung dengannya dan memutuskan segalanya di lapangan," kata Sabalenka.

"Saya sedih dia kalah, tapi itu sangat berarti bagi saya. Saya telah mendorong diri saya sendiri sepanjang tahun ini untuk mencapai posisi ini. Sulit dipercaya, ini sesuatu yang gila, saya masih tidak percaya," imbuhnya.

Baca juga : Zheng Senang Melaju ke Perempat Final AS Terbuka

Di babak perempat final, Sabalenka akan melawan pemain Tiongkok Zheng Qinwen untuk memperebutkan satu tempat di empat besar.

Adapun Zheng Qinwen membuat kejutan lolos ke perempat final menjegal runner up tahun lalu Ons Jabeur. Zheng membuat Jabeur kewalahan dan menang 6-2, 6-4.

Lolosnya Zheng mengukir sejarah karena sebelum ini dia hanya sanggup memenangi dua pertandingan grand slam sepanjang 2023. Petenis berusia 20 tahun itu kini mengikuti jejak Wang Xinyu menjadi dua pemain Tiongkok pertama yang mencapai babak keempat di AS Terbuka.

"Sejujurnya perasaannya luar biasa, terutama pada momen itu. Saya merasa ini seperti kemenangan penting bagi saya. Seperti yang Anda katakan, ini adalah sebuah terobosan," kata Zheng.

Pada laga lainnya, unggulan ketiga dari tuan rumah Jessica Pegula dikalahkan dua set langsung oleh rekan senegaranya Madison Keys. Finalis AS Terbuka 2017 itu tampil dominan untuk menjegal Pegula dengan 6-1, 6-3 hanya dalam tempo 61 menit.

Di perempat final, Keys akan berhadapan dengan petenis Ceko juara Wimbledon 2023, Marketa Vondrousova. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat