visitaaponce.com

95 Atlet dari 15 Negara Ikuti Kejuaraan Panjat Tebing Asia

95 Atlet dari 15 Negara Ikuti Kejuaraan Panjat Tebing Asia
Ketua FPTI Yenny Wahid (kiri) dan Menpora Dito Ariotedjo.(Dokpri.)

FEDERASI Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menggelar kejuaraan panjat tebing berskala regional. Kejuaraan bertajuk IFSC Asia Qualifier 2023 tersebut diselenggarakan di Jakarta pada 9-12 November. Perlombaan kali ini merupakan babak kualifikasi Asia untuk menentukan peraih tiket Olimpiade Paris 2024. 

Pada event kali ini akan diikuti oleh 95 atlet dari 15 negara di benua Asia. Kategori yang dipertandingkan meliputi dua disiplin lomba kategori putra putri. Ini mencakup kategori Speed putra dan putri serta Lead & Boulder (combine) putra dan putri. 

"Melalui event kali ini kami berharap Indonesia kembali bisa meraih tiket Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga panjat tebing. Apalagi kejuaraan ini dilakukan di rumah kita sendiri," ucap Yenny Wahid, Ketua FPTI, Jakarta, Selasa (7/11). 

Baca juga: Timnas Panjat Tebing Incar Tiket Olimpiade Paris 2024 dari IFSC Zona Asia

Lebih jauh Yenny menjelaskan event kali ini merupakan upaya lanjutan FPTI untuk memperbanyak atlet Indonesia cabor panjat tebing yang dapat mengikuti Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, Indonesia meraih satu tiket melalui kategori Speed putri, yang didapatkan Desak Made Rita Kusuma Dewi. 

Manajer Olahraga event IFSC Asian Qualifiers 2023 Hendricus Mutter menyatakan kesiapan lokasi acara sudah memenuhi standar internasional. Kejuaraan ini akan digelar di arena panjat tebing yang baru saja selesai dibangun di Lot 11 Gelora Bung Karno (GBK). "Hanya masalah faktor cuaca yang mungkin sulit diantisipasi mengganggu event kali ini," ucap Hendricus Mutter. 

Baca juga: Gagal Raih Emas Asian Games, Veddriq Evaluasi Diri

Pada kesempatan ini Indonesia akan mengirimkan tiga atlet putri dan tiga atlet putra kategori Speed. Sementara untuk kategori Lead & Boulder (Combine), Indonesia mengirimkan tiga atlet putri dan tiga atlet putra juga. 

Total 12 atlet Indonesia tersebut akan bertarung pada tahap kualifikasi zona Asia untuk mendapatkan jatah menuju Olimpiade. Kuota Olimpiade untuk atlet kawasan Asia berjumlah empat tempat. Pemenang utama dari tiap-tiap kategori akan otomatis mendapatkan jatah tersebut. 

Sebelum dilaksanakan di Indonesia, beberapa zona lain seperti Pan Amerika dan Eropa menggelar pertandingan kualifikasi. Secara total untuk seluruh dunia, ada jatah 68 tempat untuk atlet dapat bertarung di Olimpiade Paris 2024 dari cabor panjat tebing. Sebanyak 40 tempat diperebutkan bagi kategori Lead&Boulder. Sementara jatah kategori Speed berjumlah 28 tempat yang diperebutkan untuk atlet panjat tebing seluruh dunia. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat