visitaaponce.com

Presiden STC Biak Ajang untuk Majukan Tanah Papua

Presiden: STC Biak Ajang untuk Majukan Tanah Papua
Presiden Jokowi membua Sail Teluk Cendrawasih.(Yotube Setpres)

Presiden Joko Widodo membuka Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak, Papua, yang berlangsung di pantai Samau Distrik Biak, Kamis (23/11). Dalam sambutannya, Jokowi berharap STC yang menampilkan musik kultur dan produk lokal dapat terus diperkenalkan ke lingkup nasional, bahkan internasional.

"STC Biak dapat mendorong jumlah kunjungan wisatawan, kegiatan kreator dan menarik investor datang dan memajukan tanah Papua," ujar Jokowi di Papua, Kamis.

Menurut dia, kegiatan STC yang sangat baik ini perlu diteruskan dan ditingkatkan, tentunya dengan melibatkan masyarakat dan pelaku UMKM setempat.

Baca juga: Presiden FIFA Senang Jokowi Main Bola dengan Para Pelajar

"Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari kegiatan STC yang diselenggarakan," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Sementara itu, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia selaku panitia nasional mengatakan STC 2023 dihadiri 10 ribu orang dan berlangsung sangat meriah dibanding pelaksanaan sail lainnya. STC Biak, sambung Bahlil, mengusung tema Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik.

Baca juga: Jokowi Diminta Memecat Firli Bahuri Setelah Sandang Status Tersangka

"Bahkan STC ini mendapat dukungan penuh masyarakat, pemda, jajaran TNI/Polri, Panglima TNI, BKKBN dan berbagai kementerian," katanya.

Bahlil menyebut, STC Biak merupakan hilirisasi ekonomi biru untuk mengolah potensi kelautan dan kemaritiman di Teluk Cenderawasih khususnya di Biak Numfor.

Bupati Biak Herry Ario Naap mengungkapkan pelaksanaan STC Biak dibarengi dengan kegiatan ekspor perikanan dan pariwisata, diplomatik tour, temu bisnis, pameran UMKM, pentas seni budaya daerah Papua.

"Pemkab Biak Numfor mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah datang dan membuka STC di Kabupaten Biak Numfor," ucap Herry. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat