visitaaponce.com

Pemilu di Biak Numfor Berlangsung Aman

Pemilu di Biak Numfor Berlangsung Aman
Kepolisian mengklaim Pemilu di Kabupaten Biak Numfor, Papua, berlangsung aman.(Antara)

POLRI memastikan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, sejak pemungutan suara hingga rekapitulasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlangsung aman. 

"Secara keseluruhan, situasi di Biak aman. Pelaksanaan pleno KPU di tingkat kabupaten juga berjalan lancar," kata Kapolres Biak Numfor AKBP Damianus Dedy Susanto dalam keterangan tertulis, Rabu (13/3).

Damianus mengatakan ada beberapa perbedaan pendapat dari berbagai pihak. Namun, hal tersebut dinilai hal yang wajar dalam pesta demokrasi.

Baca juga : Kapolda Papua Ajak Ketua KPU di Daerah Rawan Tentukan Lokasi TPS

"Secara umum, tidak ada gangguan keamanan di Biak," ujarnya.

Damianus menyebut kini semua anggota kepolisian yang bertugas mengamankan Pemilu telah ditarik kembali ke satuan masing-masing. Penarikan anggota dilakukan setelah selesainya proses Pemilu.

"Mulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga pleno KPU, semua anggota kepolisian sudah ditarik," ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah calon legislatif (caleg) dari partai politik tertentu mengajukan protes terhadap hasil suara Pemilu di Biak. Mereka diimbau agar menyampaikan keluhan secara resmi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai ketentuan Undang-Undang Pemilu dengan melampirkan bukti yang memadai. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat