visitaaponce.com

Indonesia bakal Jadi Tuan Rumah Turnamen Biliar Dunia untuk Pertama Kali

Indonesia bakal Jadi Tuan Rumah Turnamen Biliar Dunia untuk Pertama Kali
Ketua Umum POBSI mengumumkan turnamen billiar dunia pertama di Indonesia(POBSI)

Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) mengumumkan penyelenggaraan turnamen kelas dunia terbesar di Tanah Air bertajuk Indonesia International Open 2024. Ajang yang memperebutkan hadiah senilai US$100 ribu itu akan berlangsung pada 21-25 Januari 2024 di Park Hyatt, Jakarta.

Indonesia International Open 2024 bakal menjadi turnamen biliar internasional pertama di Tanah Air. Selain mengundang atlet biliar terbaik dari berbagai negara, kualifikasi juga akan dilangsungkan secara terbuka untuk memberi kesempatan bagi semua atlet nasional.

Turnamen akan diikuti 152 atlet dunia. POBSI memberikan 16 slot kepada atlet potensial baik nasional dan internasional melalui kualifikasi yang akan dilaksanakan sebelum pertandingan utama. Setiap pertandingan akan dipimpin oleh wasit internasional.

Baca juga: Kejuaraan Golf Mid Amatir akan Diperbanyak

"Untuk pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan turnamen Biliar berkelas Internasional, ada 152 atlet dari berbagai dunia seperti dari Asia, Eropa, dan Afrika," kata Ketua Umum PB POBSI Hary Tanoesoedibjo di Jakarta, Selasa (5/12).

"Harapan kami turnamen ini berjalan lancar dan sukses karena biliar perlu kita angkat dan semakin berkembang, apalagi mendapat dukungan banyak pihak seperti dari Kemenpora," imbuhnya.

Baca juga: EVOS Fams Cup Pro Series Season 2 Siap Cetak Para Gamers Baru Bermental Juara

POBSI berharap olahraga biliar semakin diminati dan juga bisa menorehkan prestasi. Oleh karena itu, menurutnya, harus banyak kompetisi yang dihelat.

Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi digelarnya ajang biliar internasional perdana di Indonesia. Momentum untuk mempromosikan biliar melalui agenda itu dinilai tepat karena atlet Indonesia Derin Asaku yang berusia 14 tahun, baru saja menjadi juara dunia junior 10 ball di Austria.

"Ini pertama kali turnamen biliar berskala  internasional. Indonesia sudah biasa menyelenggarakan turnamen kelas dunia dan dengan adanya turnamen ini menambah list event olahraga internasional di Indonesia," kata Menpora.

Indonesia International Open 2024 masuk kalender turnamen World Pool-Billiard Association (WPA). Turnamen akan mempertandingkan bola 10 untuk kategori dewasa dan bola 9 untuk atlet berusia 17 tahun kebawah alias U-17. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat