visitaaponce.com

Melaju ke Semifinal Australia Terbuka, Yastremska Ingin Buat Bangga Ukraina yang Dilanda Perang

Melaju ke Semifinal Australia Terbuka, Yastremska Ingin Buat Bangga Ukraina yang Dilanda Perang
Petenis Ukraina Dayana Yastremska di Australia Terbuka 2024.(AFP)

PETENIS Ukraina, Dayana Yastremska melaju ke semifinal Australia Terbuka 2024 dengan misi ingin membuat negaranya bangga di tengah masa perang berkecamuk.

Petenis peringkat 93 dunia itu mematahkan servis tiga kali untuk mengalahkan petenis Ceko, Linda Noskova, 6-3, 6-4 dalam waktu 78 menit.

Yastremska adalah petenis putri pertama yang mencapai babak empat besar di Grand Slam pembuka musim sejak Christine Matison dari Australia pada tahun 1978.

"Senang rasanya bisa mencetak sejarah, karena saat itu saya bahkan belum lahir," ujarnya.

Baca juga: Kalahkan Rublev, Sinner Bertemu Djokovic di Semifinal Australia Terbuka

Petenis berusia 23 tahun ini menulis pesan dukungan untuk para pejuang Ukraina yang terlibat dalam perang melawan Rusia setelah kemenangannya.

"Saya sangat bangga dengan mereka. Mereka benar-benar layak mendapatkan penghormatan yang besar. Saya selalu mencoba menulis sesuatu untuk Ukraina, tentang Ukraina," sebutnya.

"Saya pikir itu adalah misi saya di sini. Jika saya melakukannya dengan baik, saya bisa mendapatkan - sulit untuk diungkapkan. Saya hanya mencoba untuk memberikan sinyal kepada Ukraina bahwa saya sangat bangga akan hal itu," imbuhnya.

Baca juga: Sabalenka Bertekad Balaskan Dendam terhadap Gauff di Semifinal Australia Terbuka

Yastremska menghadapi perjuangan berat untuk mencapai babak utama di Melbourne Park, setelah kalah dalam tiga pertandingan kualifikasi.

Namun ia berhasil bangkit saat Grand Slam pembuka musim ini dengan mengalahkan juara Wimbledon dan unggulan ketujuh, Marketa Vondrousova di babak pertama. Serta, menyingkirkan juara Australia Terbuka dua kali, Victoria Azarenka, di babak keempat.

Yastremska mengatakan bahwa ia tidak memikirkan sejauh mana ia dapat melangkah di Melbourne ketika memulai pertandingan kualifikasi.

"Saya tidak benar-benar menargetkan untuk mencapai perempat final, putaran keempat, semifinal atau apa pun. Saya hanya mencoba untuk menikmati bermain di sini," tutur Yastremska.

Penampilan Yastremska di Melbourne akan membawanya melejit naik ke peringkat atas. Ia mencapai peringkat tertinggi dalam kariernya pada Januari 2020, setahun sebelum ia diskors karena gagal dalam tes obat terlarang.

Namun larangan itu kemudian dicabut setelah pengadilan independen menerima bahwa tes positifnya adalah hasil dari kontaminasi.

Untuk pertandingan selanjutnya di Australia Terbuka, ia akan menghadapi antara petenis Rusia, Anna Kalinskaya, atau unggulan ke-12 asal Tiongkok, Zheng Qinwen.

(AFP)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat