visitaaponce.com

Iga Swiatek Dominan, Raih Gelar Indian Wells Kedua Setelah Mengalahkan Maria Sakkari

Iga Swiatek Dominan, Raih Gelar Indian Wells Kedua Setelah Mengalahkan Maria Sakkari
Iga Swiatek, peringkat satu dunia, mengalahkan Maria Sakkari dengan skor 6-4, 6-0 untuk meraih gelar Indian Wells WTA keduanya. (AFP)

IGA Swiatek, peringkat satu dunia, mengalahkan Maria Sakkari dari Yunani dengan skor 6-4, 6-0 untuk meraih gelar Indian Wells WTA keduanya, dua tahun setelah dia mengalahkan Sakkari untuk gelar pertamanya.

Pertandingan ulangan final kejuaraan 2022 menghasilkan hasil yang hampir identik, dengan Swiatek, juara Grand Slam sebanyak empat kali, mendominasi set kedua untuk merebut gelar kariernya yang ke-19 dan yang kedua pada tahun 2024.

Sakkari, yang berada di peringkat kesembilan dunia, berjuang dengan gigih melalui set pembuka, menghapus break dan menyelamatkan dua break point di game terakhir sebelum Swiatek memberikan pukulan forehand yang menyilaukan untuk memenangkan set pertama setelah 44 menit.

Baca juga : Jadi Juara Indian Wells, Swiatek Peringkat Dua Dunia

Hanya butuh 24 menit lagi bagi bintang Polandia itu untuk menyelesaikan pertandingan. Dia mematahkan servis Sakkari dengan skor 2-0 dan melaju hingga akhir.

Swiatek, yang melanjutkan comeback kuatnya setelah tersingkir di putaran ketiga Australian Open pada bulan Januari, mengatakan bahwa 12 hari di gurun California tidak semudah yang mungkin disiratkan oleh skornya.

Dia hanya kehilangan 21 game dan tidak kehilangan satu pun set.

Baca juga : Iga Swiatek Lewati Hadangan Kostyuk untuk ke Final Indian Wells

"Saya benar-benar bangga dengan diri saya sendiri," katanya. 

"Meskipun turnamen ini terlihat seperti, skornya, mungkin saya memiliki segalanya di bawah kendali, itu tidak semudah itu dari awal hingga akhir.

"Jadi saya senang saya bisa memperbaiki diri selama turnamen. Saya merasa sangat baik dalam dua pertandingan terakhir, banyak kepercayaan diri," tambah Swiatek, yang termasuk kemenangan grudge match atas Linda Noskova - remaja Ceko yang mengejutkannya di putaran ketiga di Melbourne.

Baca juga : Petenis Nomor Satu Dunia Iga Swiatek Melaju ke Final Indian Wells Masters

Sejak kekecewaan itu, Swiatek kembali dengan kuat, memenangkan gelar di Doha dan mencapai babak semifinal di Dubai.

Pada Minggu, dia menjadi perempuan ke-10 yang memenangkan gelar Indian Wells dua kali, bergabung dengan Serena Williams dan Kim Clijsters sebagai satu-satunya pemain yang mencatat dua gelar sebelum berusia 23 tahun.

"Saya hanya merasa telah melakukan pekerjaan yang sangat baik," kata Swiatek. 

Baca juga : Tekuk Marta Kostyuk, Iga Swiatek Melaju ke Final Indian Wells Masters

"Tidak mudah setelah Australia dan saya telah bekerja keras untuk bermain dengan baik dan mengatasi segalanya secara mental."

Dia memulai pertandingan dengan baik melawan Sakkari, mematahkan servis untuk memimpin 3-0.

Sakkari, yang memiliki dua gelar karier termasuk acara level 1000 di Guadalajara bulan September lalu, mematahkan servis Swiatek kembali di game kelima dan menyamakan kedudukan dengan hold cinta untuk 4-4.

Baca juga : Swiatek Tantang Marta Kostyuk di Semifinal Indian Wells

Tetapi saat harus bertahan di set, dia segera mendapati dirinya tertinggal 0-40 dan begitu Swiatek mengunci set pertama, dia pun melaju dengan kemenangan delapan game terakhir dari pertandingan.

"Tidak ada gunanya berlebihan-analisis, saya tidak merasa seperti saya kehilangan kendali atau sesuatu," kata Swiatek, yang menghasilkan tiga servis yang tidak dapat dikembalikan untuk memimpin 5-4 di set pertama. 

"Saya hanya tahu apa yang ingin saya perbaiki dan saya melakukannya."

Baca juga : Caroline Wozniacki Mengundurkan Diri, Iga Swiatek Melaju ke Semifinal Indian Wells Masters

Meskipun dia berhasil membuat set pertama kompetitif, Sakkari mengatakan bermain seimbang dengan Swiatek dalam pertandingan hanya tidak cukup.

"Pertandingan melawan Iga harus ultra-agresif," kata Sakkari.

"Anda juga harus memanfaatkan setiap peluang," tambahnya. 

Baca juga : Iga Swiatek Melaju ke Perempat Final Indian Wells Masters

"Ketika Anda bermain melawan Iga, (Aryna) Sabalenka, (Elena) Rybakina, semua pemain ... Anda memiliki sekitar dua, tiga kesempatan dalam pertandingan dan Anda harus memanfaatkannya," kata Sakkari.

"Jika Anda tidak memanfaatkannya, maka itu 'ciao-ciao' seperti yang saya katakan.

"Terutama dengan (Swiatek). Dia agresif, tapi dia solid. Seperti dari 3-0 hingga 3-3 hingga 4-4 dia mulai salah.

Baca juga : Iga Swiatek Balaskan Dendam terhadap Linda Noskova di Indian Wells Masters

"Tapi kemudian jika Anda tidak menggunakan kesempatan kecil itu - seperti saat itu 4-4, dan saya memainkan game return backhand yang sangat buruk. Saya melewatkan tiga return backhand.

"Itu tidak dapat diterima dengan pemain seperti dia."

Akhirnya, Sakkari menyesal atas masalahnya dalam menyelesaikan pertandingan melawan juara US Open Coco Gauff dalam semifinal yang terganggu hujan.

Dia menyia-nyiakan tiga poin pertandingan di set kedua sebelum memenangkannya dalam tiga set dan mengatakan bahwa pertandingan itu telah membuatnya lelah.

"Mungkin segalanya akan berbeda untuk saya, seperti perasaan saya di lapangan, jika pertandingan sebelumnya saya tidak berlangsung sepanjang itu," katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat