visitaaponce.com

Kesan Pertama yang Menggoda dari Mitsubishi XFORCE

SETELAH sekian lama menyandang 'nickname' sebagai The New SUV Mitsubishi, akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kesempatan secara eksklusif kepada sejumlah jurnalis di sebuah studio di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan, untuk melihat lebih dekat SUV terbaru yang dibaptis dengan nama asli XFORCE, sebelum diperkenalkan di GIIAS 2023.

Sepintas, XFORCE tidak jauh berbeda dari konsep awalnya yang membawa kesan 'masa depan' melalui tampilannya yang futuristis. SUV kompak yang mengusung tagline 'Infinite Xcitement' merupakan kendaraan 5-seater yang fokus dikembangkan untuk pasar ASEAN. Memiliki karakter stylish dan robust, desain SUV autentik berdasarkan pada konsep 'Best-suited buddy for an exciting life'. 

Desain eksterior mengusung konsep silky dan solid; mengusung bahasa desain New Generation Dynamic Shield dipadu Futuristic T-Shape Headlight dan Stylish Rear Combination Lights bersanding dengan pelek 18 inci yang menghasilkan profil kuat SUV yang otentik.

Interior

Interior XFORCE dibekali instrument panel dengan floating console;, ambient lighting, Advanced Monolithic Display & Meter yang terdiri dari Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci lengkap dengan Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay. Ada juga Digital Driver Display 8 inci yang memberikan beragam informasi. 

Baca juga: MMKSI Singkap Selubung The New SUV Mitsubishi

Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci terdapat pada varian tertinggi XFORCE Ultimate. Layar ini mampu menampilkan beragam informasi penting yang membantu saat berpetualang. Mulai dari informasi ketinggian dari permukaan laut, nilai G-force, kompas, hingga skor mengemudi. Luar biasa untuk sebuah SUV kompak di kelasnya. 

Sementara pada bagian instrumen panel juga memuat beragam informasi status penting kendaraan. Tidak seperti sistem digital lain yang menampilkan data hanya berupa angka-angka, tampilannya speedometer dan tachometernya berkonsep 'dial' yang membuatnya mudah terbaca dan sangat fungsional.  

Saat diperhatikan, ada beberap spot menarik di bagian interiornya, salah satunya adalah balutan pelapis soft touch dari bahan fabric yang membungkus membentang di bagian dasbor. Namun yang sangat mencuri perhatian adalah rumah penutup tweeter hitam di bagian pilar depan dengan logo dan tulisan YAMAHA. Logo dan tulisan ini juga menghiasi penutup speaker di keempat pintu bagian dalam. 

Baca juga: Empat Mode Pengendaraan Jadi Jurus Pamungkas The New SUV Mitsubishi 

Sistem ini dilengkapi dengan total 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing), serta fitur Speed Compensated Volume (SCV). Penasaran, Media Indonesia langsung mengaktifkan perangkat head unit untuk mendengar sejauh apa peran engineer Yamaha menggarap sistem audio sekaligus akustik dari kabin XFORCE. 

Hasilnya...suara dari beberapa stasiun radio swasta terdengar jernih layaknya mendengarkan alunan lagu dari keping Compact Disc (CD). Reproduksi suara semakin jernih saat mencoba beberapa file lagu yang ditransfer via smartphone menggunakan fasilitas bluetooth.
 
Berikutnya adalah  fitur empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Mud. Sejak awal pihak MMKSI dan Mitsubishi Motors selalu menggarisbawahi fitur 'Wet Mode' yang digadang-gadang sebagai yang pertama kali disematkan pada model Mitsubishi Motors.

Baca juga: The New SUV Mitsubishi Usung 4 Mode Penggerak dan Audio Premium Yamaha

Berkat fitur-fitur tersebut kendaraan ini diklaim sangat fleksibel dibawa ke berbagai medan. Terlebih, XORCE didukung mesin 4A91 MIVEC DOHC 1.5 liter bertenaga 104,6 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatannya memberikan keamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan, dengan 4 airbags, serta beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan sebagainya. 

Mitsubishi XFORCE ditawarkan dalam dua pilihan varian, yaitu: XFORCE Ultimate CVT yang dibanderol Rp412,9 juta dan XFORCE Exceed CVT yang dibanderol Rp379,9 juta. Masing-masing ditawarkan dalam enam pilihan warna (Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic). (Cdx)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat