visitaaponce.com

Modifikator Indonesia Meriahkan Osaka Auto Messe 2024

TIM modifikator dan produsen aftermarket Indonesia yang tergabung dalam campaign Saber Great of Indonesia tiba di Tokyo, Jepang, Jumat (10/2). Kegiatan yang digagas National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sekaligus membuka rangkaian agenda seri pertama Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2024 ‘Road to The World’ yang akan di laksanakan di Osaka.

Kehadirannya di Osaka Auto Messe (OAM) 2024 pada 10-12 Februari ini merupakan pemanasan dari gelaran puncak IMX. Acara puncak IMX 2024 sendiri akan digelar pada 4-6 Oktober mendatang di ICE, BSD City Tangerang, Banten.

Campaign ini turut membawa mobil modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution IX MR milik Saber Industries untuk mewakili potensi besar industri modifikasi dan aftermarket Indonesia di kancah Jepang dan internasional.  

Baca juga : OLX IMX 2023 Siap Persembahkan Beragam Kejutan Seru 

“Hari ini kami telah tiba di Tokyo jepang untuk melakukan pengecekan mobil di Pelabuhan Tokyo dan akan melakukan sesi pemotretan di Gunung Fuji untuk selanjutnya akan kami bawa berpameran di OAM 2024 dengan harapan mobil dan produk produk Indonesia bisa mengharumkan nama Indonesia di pameran sekala International," ujar Founder NMAA dan IMX Project Director Andre Mulyadi di Tokyo, Jumat (10/2)

Andre menambahkan bahwa, ini merupakan kali kedua industri modifikasi dan aftermarket Indonesia membawa mobil modifikasi ke pameran berskala internasional.

Tak terketinggalan, modifikator dan produsen aftermarket lokal memajang line-up terbaru. Seperti produk lampu aftermarket dari Saber Industries, produk premium car dari WetShine, model terbaru Turbo Bastard Wheel hasil kerja sama dengan Free Flow Kustom, dan hasil pengecatan Free Flow Kustom. 

Baca juga : OLX IMX 2023 Sukses Digelar Menjadi Barometer Industri Otomotif Nasional

Andre menekankan, agenda kali ini lebih memfokuskan pada peningkatan kerja sama antara industri modifikasi Indonesia dan Jepang. Karena faktanya, manpower dalam industri modifikasi dan aftermarket Indonesia lebih unggul dan bisa merealisasikan ide-ide kreatif. 

Oleh karena itu, campaign Saber Great of Indonesia lanjut Andre memiliki korelasi kuat dengan tema Road to The World dalam mempersiapkan banyak produk lokal bisa Go International. Menggaet produsen aftermarket, modifikator, agen pemegang merek mobil, dan juga komunitas.  

Menanggapi hal itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, “Saya sangat optimistis, tujuan para modifikator Indonesia tampil di ajang bergengsi tersebut, akan ikut berperan penting menjadi dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air.”

Baca juga : MenKopUKM Yakin Industri EV Indonesia Ciptakan Ekonomi Baru dan Buka Lapangan Kerja

Akulturasi Budaya 

Mitsubishi Lancer Evolution IX MR besutan car builder Saber Industries siap menyapa industri modifikasi aftermarket Jepang. Mobil peraih gelar ‘The Ultimate’ NMAA Top 50 dalam gelaran OLX IMX 2022 ini telah lulus kurasi dan penilaian oleh kurator modifikasi internasional dan menjadi bukti konkret bahwa kreativitas dan inovasi industri modifikasi Indonesia semakin diakui di kancah global.

“Partisipasi dalam campaign Saber Great of Indonesia merupakan upaya mengenalkan potensi industri modifikasi aftermarket Indonesia lebih luas. Selain menampilkan karya anak bangsa, juga mengakselerasi pertumbuhan industri modifikasi skala UMKM. Dengan bangga kami persembahkan Mitsubishi Lancer Evo IX MR dengan balutan kearifan budaya lokal Indonesia,” terang CEO Saber Industries Vincent C Mergonoto. 

Lancer Evo IX MR tersebut dibekali sejumlah penyempurnaan di semua sektor, terutama di bagian bodi. Generasi ke-9 Lancer Evo tersebut mendapat imbuhan grafis dari seniman Kustom Paint, Free Flow.

Grafis bertema 'Colorful Indonesia' ini menghadirkan desain batik Hokokai yang diaplikasi melalui teknik hand painting dan canting batik.

Sedikit mengulas sejarah, batik Hokokai atau disebut Djawa Hokokai pertama kali muncul di zaman penjajahan Jepang (1942-1945). Motif dan warna batik Hokokai menunjukkan kental dengan akulturasi budaya Jepang dan Indonesia. 

Saat itu, pemerintah Jepang banyak memesan batik kepada pengusaha batik Indo-Eropa, Indo-Arab, atau peranakan Tionghoa di Pekalongan yang terkenal akan kehalusan batiknya. Menampilkan gaya Sushomoyo, frame atau pola pinggiran dari salah satu ujung kain, kemudian menyebar ke tepi-tepi kain. Motifnya banyak menggunakan bunga sakura, krisan, dahlia yang merupakan kesukaan orang Jepang dilengkapi tambahan motif kupu-kupu. 

Selain itu, beberapa part modifikasi dari modifikator Indonesia di antaranya lampu dari Saber Industries yang digarap oleh teknisi Yoong Motor Group, dan stiker bodi Premium Auto Wrap.

Sektor modifikasi lainnya paling menonjol terlihat dari body kit Varis Solid Joker dengan sejumlah part carbon fiber di sejumlah bagian dan kap mesin besutan Voltex.

Evo IX MR menekankan modifikasi lebih advance di sektor penerangan. Sebagai maskot yang mewakili produk lampu aftermarket Saber Industries, unsur atraktif di bagian depan mengekspos kombinasi custom slim frame DRL, turn signal, dengan dua buah projector Bi-Led Laser SR900 Ultima. Detail menarik dari setup lampu ini terletak pada penambahan custom illuminated Saber Logo.

Agar tampilannya tetap fresh tanpa menghilangkan kesan JDM Street Racing, pemilihan skema warna biru di sekujur tubuhnya tampil kontras berpadu pelek Regamaster Evo dikombinasi ban Advan Neova pada keempat sumbu roda. Sementara, setup kaki-kaki mendapat pasokan coilover Aragosta.

Mengimbangi tampilannya yang atraktif, mesin Mitsubishi 4G63T mendapat sentuhan ulang. Kapasitas mesin yang awalnya 2.0 liter didongkrak menjadi 2.3 liter menggunakan stroker kit HKS stage 2. Ubahan ini diikuti pemasangan King Bearing, ATI Damper, ACL Oil Pump, Water Pump dan ARP Mainstud.

Bagian kepala silinder tersemat sejumlah part kompetisi seperti GSC R2 Camshaft, GSC Behave Valve Spring, HKS Cam Gear, HKS Timing Belt, ARP Head Stud, hingga HKS packing head. Tak lupa proses porting dan polishing untuk memperlancar aliran udara masuk dan keluar.

Bagian sistem gas buangnya ditangani knalpot Fujitsubo lenkap dengan custom piping yang membuat suara mesin makin parau. Sedangkan peranti doping performa diolah melalui turbocharger HKS GTIII 4R GT35, dilanjut Tial Wastegate, Greddy Boost Controller, HKS Blow off dan Wagner tuning Intercooler. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat