visitaaponce.com

Kemhan Komcad Hanya Dipersenjatai saat Latihan

Kemhan : Komcad Hanya Dipersenjatai saat Latihan
Sejumlah PNS mengikuti Diklat Bela Negara yang digelar kemhan(Antara/Widodo S Jusuf)

KEMENTERIAN Pertahanan menegaskan penggunaan senjata untuk komponen cadangan (komcad) hanya diperuntukan saat latihan. Hal ini sekaligus mematahkan keraguan publik yang mengkritik hadirnya komcad.

"Penggunaan senjata yang digunakan untuk komcad itu pada saat pelatihan, bukan dibawa-bawa, tidak seperti itu," terang Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kemhan Marsma Penny Rajendra di kantor pusat PT Pindad, Bandung, Selasa (30/3).

Penny membenarkan bahwa saat pelatihan nanti, komcad akan dipersenjatai. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan sikap fisik satuan dan sebagai latihan dasar kemiliteran.

"Ini tidak akan dibawa oleh komcad di luar latihan, ini untuk kepentingan latihan," tambah Penny.

Baca juga : Holding BUMN Industri Pertahanan untuk Hasilkan Produk Unggulan

Sementara itu, Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, menyebut pihaknya telah memproduksi 25 ribu pucuk senjata yang diperuntukan untuk komcad. Senjata tersebut berjenis SS2-V5 AI.

Menurut Direktur Bisnis Produk Hankam PT Pindad Persero Wijil Jadmiko Budi menerangkan senjata tersebut berbeda dengan yang digunakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) karena lebih pendek dan diperuntukan untuk mobilisasi ringan.

"Lalu dilengkapi vertical grip, jadi pegangan tangan tidak langsung hand grip. Ini lebih ringan karena sipil yang akan mengunakannya," tandas Wijil. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat