visitaaponce.com

DKPP Penyelenggara Ingin Wujudkan Pemilu Berintegritas

DKPP: Penyelenggara Ingin Wujudkan Pemilu Berintegritas
Pengendara melintas di depan mural bertema Pilkada 2020 di Jawa Timur.(Antara)

DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyatakan penyelenggara pemilu memiliki niat yang sama dalam mewujudukan kontestasi politik yang berintegritas.

“Kami yakin tiga lembaga ini punya komitmen yang sama, punya nawaitu yang sama, punya target dan cita-cita yang sama. Supaya proses dan hasil pemilu di Indonesia semakin bermartabat,” ujar Ketua DKPP Muhammad di Jakarta, Senin (14/6).

Menurutnya, Indonesia patut bersyukur karena mendapat pengakuan internasional dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Bahkan, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki DKPP dengan peran menegakkan kode etik bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Baca juga: Kemendagri Ajukan Anggaran Rp1,9 Triliun untuk Pemilu 2024

Namun, lanjut dia, upaya menjaga nilai integritas perlu ditanamkan dalam setiap penyelenggara. Hal itu bukan karena hadirnya badan kode etik, seperti DKPP.

“Biarlah teman-teman KPU-Bawaslu merawat integritas. Ketika sudah komitmen itu secara personal, lalu menjadi komitmen semua organisasi. Biarlah nilai-nilai etik terejawantahkan dalam setiap penyelenggara pemilu,” imbuh Muhammad.

Baca juga: Presiden: Saya Tahu Relawan Jokowi Sudah Dirayu Elite Politik

Peringatan HUT DKPP ke-9 dikatakannya sebagai momentum untuk mengingat kembali nilai dan kode etik dalam diri penyelenggara. Bahkan, tanpa lembaga DKPP pun, integritas penyelenggara harus tetap terwujud.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Muhammad Hudori meminta DKPP untuk meningkatkan peran dalam menjaga kode etik, sekaligus kehormatan penyelenggara pemilu. Peran ini penting untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, terpercaya dan berintegritas.

Hudori mengapresiasi berbagai prestasi yang dicapai DKPP. Termasuk, memastikan perannya tetap berjalan di masa pandemi covid-10. “Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada segenap jajaran DKPP, atas semua pencapaian yang diraih sampai usia ke-9 pada tahun ini,” kata Hudori.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat