visitaaponce.com

Pastikan Pulau Nipa Terjaga dari Klaim Tetangga

Pastikan Pulau Nipa Terjaga dari Klaim Tetangga
Ilustrasi: Suasana di Pulau Nipa saat pengibaran bendera merah putih(ANTARA FOTO/ M N Kanwa)

SEJUMLAH kementerian dan lembaga meninjau langsung kehidupan masyarakat dan kondisi Pulau Nipa. Daratan di tengah perairan terluar yang berbatasan dengan Singapura ini harus mendapat perhatian lebih supaya tidak mudah diklaim oleh negara lain.

Untuk itu, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto bersama Deputi Bidang Pertahanan Negara Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mayjen TNI Ilman Hadi, Direktur Wilayah Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksma TNI Jaya Darmawan, Sekretaris Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Hendra Yusran Siry, Asdep Batas Negara Wilayah Laut dan Udara Siti Metrianda Akuan, Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito dan KS Guskamla Kolonel Laut (P) Tomi Esrizal, melaksanakan peninjauan ke Pulau Nipa, Kamis (17/6).

"Kegiatan tersebut dalam rangka monitoring implementasi kebijakan penggelaran kekuatan dan kemampuan pertahanan serta pengelolaan wilayah perbatasan negara dan pulau-pulau kecil terluar. Peninjauan menggunakan unsur Patroli Bakamla yakni KN Belut Laut – 406 yang sandar di Dermaga 99 Batu Ampar, Kota Batam," ujar Laksma Bakamla Hadi Pranoto dalam keterangannya, Jumat (18/6).

Menurut dia, Kantor Kamla Zona Maritim Barat siap membantu dalam pengamanan dan pengawasan pulau-pulau terluar termasuk Pulau Nipa. Pulau ini termasuk salah satu pulau terluar dan terletak di Selat Singapura yang perlu mendapat perhatian khusus karena letaknya yang sangat dekat dengan Singapura.

"Secara geografis Pulau Nipa terletak pada koordinat 01009’13’’ U dan 103039’11’’ T,” kata dia.

Baca juga: Menhub Minta STS di Pulau Nipa Dioptimalkan agar Bisa Bersaing

Selain itu, lanjut dia, Zona Maritim Barat akan diperkuat dengan sebelas sistem pemantauan terpadu sehingga pemantauan di pulau-pulau terluar dan perbatasan dengan negara tetangga dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Menggunakan unsur KN Belut Laut-406, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat beserta seluruh rombongan tolak dari Dermaga 99 Batu Ampar Batam pada Pukul 09.00 WIB. Dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam sampai ke Pulau Nipa.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat