visitaaponce.com

Penyidikan Koneksitas Korupsi Satelit akan Diawasi Ketat Komjak

Penyidikan Koneksitas Korupsi Satelit akan Diawasi Ketat Komjak 
Ketua Komisi kejaksaan Barita Simanjuntak(MI/Adam Dwi)

PENYIDIKAN koneksitas kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Satelit Slot 123 Derajat Bujur Timur diharap tidak berjalan tertutup usai diputuskan ke mekanisne koneksitas. Sebab, terdapat kekhawatiran timbulnya conflict of interest, mengingat unsur tim penyidik koneksitas juga berasal dari Pusat Polisi Militer TNI dan Oditur Militer. 

Kendati demikian, Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak memastikan pihaknya akan terus mengawasi proses penyidikan itu. Diketahui, penarikan penyidikan secara koneksitas diambil setelah ada indikasi kuat keterlibatan sipil dan militer sebagai pihak yang bertanggungjawab. 

"Karena JAM-Pidmil secara struktural ada dalam institusi Kejaksaan di bawah Jaksa Agung, maka proses penyampaian informasi publik dalam perkembangan penanganan kasus ini akan didasarkan kepada prinsip-prinsip yang berjalan selama ini di Kejaksaan," kata Barita kepada Media Indonesia, Rabu (16/2). 

Lebih lanjut, Barita mengatakan, mekanisme koneksitas sudah tepat diambil. Sebab, perkara itu nantinya akan didalami oleh penyidik yang memiliki kompetensi. Komjak meyakini baik Jaksa Agung maupun Panglima TNI bertekad kuat untuk menegakkan hukum yang pasti dan berkeadilan. 

Baca juga : Ini Landasan DPR Perlu Memilih 30% Perempuan untuk Penyelenggara Pemilu

"Serta bermanfaat dalam kasus ini yang dilihat dari berbagai aspek secara komprehensif dan holistik," pungkasnya. 

Terpisah, JAM-Pidmil Anwar Saadi juga berkomitmen untuk menghadirkan transparansi dalam penyidikan koneksitas perkara satelit. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung untuk memastikan proses peradilan berjalan transparan. 

"Nanti kita koordinasi terus dengan Kapuspenkum," singkat Anwar. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat