visitaaponce.com

Ketua Fraksi NasDem Minta Kawal Demontrasi dengan Humanis

Ketua Fraksi NasDem Minta Kawal Demontrasi dengan Humanis
Ketua Fraksi Partai NasDem MPR Taufik Basari.(Ist/DPR)

RENCANA aksi demonstrasi mahasiswa hari ini dinilai Ketua Fraksi Partai NasDem MPR Taufik Basari sebagai bagian bagian penting dari demokrasi.

Oleh sebab itu sah-sah saja apabila ada kelompok masyarakat termasuk mahasiswa, menyuarakan aspirasinya untuk meminta perhatian masyarakat dan pemegang kekuasaan.

“Kita hidup di alam demokrasi dimana perbedaan pendapat adalah denyut nadinya. Jangan melihat demonstrasi sebagai suatu ancaman tapi lihatlah sebagai suatu pengingat bahwa kekuasaan itu adalah amanah yang harus dijalankan dengan nilai-nilai luhur,” kata Taufik, Senin (11/4).

Menurut Taufik, pesan yang disampaikan para demonstran merupakan hal yang penting untuk didengarkan.

Demonstrasi hari ini menyuarakan keresahan publik atas adanya gagasan soal penundaan pemilu 3 periode, naiknya harga bahan pokok seperti minyak goreng dan kenaikan bahan bakar minyak yang akan menyulitkan masyarakat.

Baca juga: Unjuk Rasa 11 April, Kapolri: Kawal dengan Humanis

"Aspirasi ini harus disikapi dengan kebijakan yang pro terhadap rakyat," imbuhnya.

Dia mengajak agar pemerintah dan DPR RI mengambil sikap positif dan bijak atas tuntutan tersebut dan tidak malah bereaksi negatif.

“Mari kita sudahi wacana penundaan pemilu dan masa jabatan 3 periode. Saya juga mengajak pemerintah dan DPR bersama-sama memikirkan cara untuk mengendalikan harga bahan pokok agar tidak menyulitkan masyarakat,” tegasnya.

Sejak awal Fraksi NasDem MPR menolak adanya usulan amandemen terkait perpanjangan masa jabatan dengan penundaan pemilu maupun mengubah masa jabatan menjadi 3 periode.

Bahkan sejak tahun lalu, Fraksi NasDem MPR RI sudah mengingatkan bahwa gagasan amandemen terbatas terkait usulan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) dapat membuka kotak pandora untuk isu lainnya terkait perpanjangan kekuasaan yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi.

"Kami mengusulkan agar wacana amandemen terbatas terkait PPHN-pun tidak perlu dibahas pada periode ini demi kepentingan bangsa, agar tidak terus terbuka gagasan penundaan pemilu dan masa jabatan 3 periode"

Dia juga menjamin jalannya demonstrasi yang aman sekaligus menghimbau para demonstran untuk dapat melaksanakan aksinya secara damai. 

Taufik yang juga anggota Komisi III DPR RI juga meminta agar aparat keamanan dapat mengawal demonstrasi dengan humanis sebagaimana perintah Kapolri. (Sru?OL-09).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat