visitaaponce.com

Ini Kelebihan ASI Dibandingkan Susu Formula

Ini Kelebihan ASI Dibandingkan Susu Formula
Ilustrasi - Ibu Menyusui(MI/Adam Dwi)

KETUA Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Naomi Esthernita, mengatakan bahwa pemberian susu formula tidak akan bisa menggantikan ASI yang diberi secara eksklusif oleh ibu untuk anak.

“Susu formula memang memiliki nutrisi yang sama dengan ASI, seperti protein, kalsium, karbohidrat dan omega, namun, ASI menawarkan hal yang lebih lagi. Kecerdasan dan pertumbuhan anak akan sangat dipengaruhi oleh ASI yang diberi langsung oleh ibu. Selain itu, kontak fisik dengan anak akan membangun hubungan yang lebih erat antara anak dan ibu.” ujar di Jakarta, Sabtu (6/8).

Baca juga: Pemberian ASI Eksklusif Butuh Warm Chain, Apakah Itu?

Pihaknya menambahkan bahwa selain dengan semakin sibuknya Ibu yang memiliki anak di Indonesia, tingginya tingkat penjualan susu pengganti ASI juga menjadi penyebab kurang optimalnya pemberian ASI. Ia mengatakan bahwa penjualan global susu pengganti ASI adalah bernilai $45 miliar, selain itu media juga lebih sering menampilkan iklan susu formula dibanding kampanye pemberian ASI. Hal ini menambah keyakinan sang ibu untuk memberi susu pengganti ASI dibanding langsung memberi ASI.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 50,70 juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja adalah perempuan pada 2020. Jumlah tersebut meningkat 2,63% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 49,40 juta orang. Semakin tingginya tingkat wanita yang berkarir, membuat keterbatasan dalam melakukan aktivitas laktasi bagi anak. 

Alternatifnya, sambung dr. Naomi, para Ibu kini memilih untuk memberikan susu formula bagi anak, terutama bayi, yang dianggap memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan ASI, dalam mendukung pertumbuhan anak. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat