visitaaponce.com

Soal Hasil Autopsi Brigadir J, Kuasa Hukum Pernyataan Dokter Forensik Berbeda

Soal Hasil Autopsi Brigadir J, Kuasa Hukum: Pernyataan Dokter Forensik Berbeda
Sejumlah orang mengangkat peti jenazah almarhum Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.(Antara)

KUASA hukum Brigadir Joshua Hutabarat alias J, Kamarudin Simandjuntak, mempertanyakan hasil autopsi yang dikeluarkan dokter Ade Firmansyah selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI). 

Sebab, pernyataan dokter Ade berbeda dengan hasil autopsi yang dikeluarkan dokter forensik dari Polda Jambi. "Ada dokter forensik dari Jambi menyatakan tidak setuju dengan apa yang dikeluarkan oleh dokter Ade selaku ketua PDFI," tutur Kamarudin dalam konferensi pers, Jumat (26/8).

Baca juga: Presiden Bakal Langsung Berhentikan Irjen Ferdy Sambo

Pihaknya juga merasa keberatan dengan penjelasan dokter Ade. Pasalnya, kuasa hukum Birgadir J tidak mendapatkan salinan hasil autopsi dari dokter Ade. Kamarudin juga keberatan dengan pernyataan dokter Ade kepada awak media, yang menimbulkan multitafsir, karena hanya memberikan sepotong informasi.

“Adapun keberatan kami dalam penjelasan atau keterangan dokter PDFI itu, yang pertama dia tidak berikan ke kami salinannya (hasil autopsi). Padahal, yang memohon (autopsi ulang) adalah kami," pungkasnya.

Baca juga: Putri Candrawathi Hindari Awak Media, Kuasa Hukum: Mohon Sabar Menunggu

“Kedua, dia memberikan pernyataan kepada wartawan sepotong-sepotong. Sehingga, menimbulkan bias atau pemahaman yang berbeda, dengan mengatakan tidak melakukan penganiayaan. Padahal, tersangka sendiri mengaku melakukan penganiayaan," imbuh Kamarudin.

Sebelumnya, dokter Ade telah merilis hasil autopsi. Dia menyebut luka yang terdapat di tubuh Brigadir J hanya berasal dari luka tembak, tanpa adanya penyiksaan.

“Tidak ada kekerasan di tempat lainnya. Saya bisa pastikan di sini dengan penelitian kami. Tidak ada kekerasan selain kekerasan senjata api. Memang yang fatal adalah dua, yaitu di dada dan di kepala," jelas Ade beberapa waktu lalu.(OL-11)

 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat