visitaaponce.com

Hasil Survei PB PMII Masih Banyak Pemilih Pemula belum Tahu Soal Penyelenggara Pemilu

Hasil Survei PB PMII: Masih Banyak Pemilih Pemula belum Tahu Soal Penyelenggara Pemilu
Rilis hasil survei yang dilakukan PMII(MI/HO)

PEMANTAU Pemilu Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) merilis hasil survei dan diskusi publik dengan tajuk partisipasi Pemilih Pemula dan Ancaman Menjelang Pemilu 2024, Jumat (28/10).

Survei terkait pemilih pemula itu menemukan masih terdapat responden yang belum mengetahui lembaga penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Hal tersebut terlihat setelah 80% pemilih pemula mengetahui lembaga KPU dan 20% pemilih pemula belum mengetahui KPU. 

Baca juga: PSI: Suara Gabungan Parpol Non-Parlemen Punya Kekuatan Signifikan

Sementara itu, terdapat 25% pemilih pemula belum mengetahui Bawaslu, dan 75% responden sudah mengaku mengetahui Bawaslu. 

Hal yang mengejutkan dalam temuan survei tersebut, banyak responden yang menyebut belum mengetahui lembaga DKPP, terdapat 50% pemilih pemula belum mengetahui DKPP dan 50% mengetahui DKPP. 

Koordinator Nasional Pemantau Pemilu PB PMII Hasnu Ibrahim mengatakan jika berbicara mengenai sistem elektoral (pemilu), kata kuncinya ada di pihak penyelenggara. 

Di lain sisi tanpa mengesampingkan proses partisipasi berupa pengawalan secara ketat oleh publik dalam setiap tahapannya.

"Penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu dan DKPP wajib melakukan pembenahan, koreksi dan perubahan secara signifikan agar berbanding lurus dengan alokasi anggaran dari negara demi suksesi pelaksanaan pemilu di tahun 2024 serta di nilai berhasil di mata publik," jelas Hasnu. 

Survei Pemantau Pemilu PB PMII dilaksanakan pada Oktober 2022 dengan responden sebanyak 1.500 orang pemilih pemula dengan pengambilan sampel di 34 provinsi se Indonesia. (RO/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat