visitaaponce.com

Desember Ini, Polri Sudah Amankan 26 Terduga Teroris

Desember Ini, Polri Sudah Amankan 26 Terduga Teroris
Personel Densus 88 Anti Teror membawa terduga teroris menuju mobil tahanan.(Antara)

DENSUS 88 Antiteror Polri sudah menangkap total 26 terduga teroris di sejumlah wilayah di Indonesia selama periode Desember 2022.

Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan merinci sebanyak 14 tersangka teroris tersebut dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan kelompok jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

"Penegakan hukum (Gakkum) pada Desember 2022 sebanyak 26 orang yang dilakukan Gakkum di lima provinsi di dua kelompok baik jaringan JI dan JAD," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (21/12).

Baca juga: Sedih! 24 Anak Jadi Pelaku Tindak Pidana Teroris

Pihaknya melakukan penangkapan pertama pada Desember ini di wilayah Jawa Tengah. Adapun tujuh tersangka yang telah dilakukan penangkapan berinisial KA, PM, SA, JU, PH, MGN dan BDH, yang tergabung dalam kelompok jaringan teroris JI.

Ramadhan menjelaskan bahwa pihaknya kembali melakukan penangkapan di wilayah Jawa Barat pascaperistiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar. Serta, kembali melakukan penangkapan di Jawa Tengah.

Tiga orang tersangka yang telah ditahan berinisial YD, AH dan AS. Lalu, tiga orang lainnya berinisial DP, EJD dan AM, masih dalam tahap pemeriksaan. Sedangkan untuk terduga teroris yang ditangkap di Jawa Tengah berinisial RSM. Mereka terafiliasi dalam kelompok JAD.

Baca juga: Eks Napiter Bisa Kembali Menjadi Teroris

"Jaringannya JAD dan ada keterkaitan dengan peristiwa di Astana Anyar," imbuh Ramadhan.

Densus 88 juga melakukan penangkapan di wilayah Sumatera Utara, dengan total 10 orang terduga tindak pidana terorisme. Mereka yang ditangkap berinisial HRF, MG, IS, MS, SD, RG, AF, SF, JM, serta RT yang berasal dari jaringan JI.

Pihak kepolisian turut menangkap terduga terorisme di wilayah Sumatera Barat dan Riau, dengan inisial WH dan SI. Kedua terduga terorisme tersebut masuk dalam kelompok JI.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat