visitaaponce.com

Lantik Muhammad Ali Jadi KSAL, Presiden Saya Lihat Rekam Jejak

Lantik Muhammad Ali Jadi KSAL, Presiden: Saya Lihat Rekam Jejak
KSAL Muhammad Ali(Screenshoot)

PRESIDEN Joko Widodo melantik Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12). Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 100/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangakatan KSAL.

Selepas pelantikan, Kepala Negara membeberkan sejumlah alasan utama yang membuatnya memilih Muhammad Ali sebagai orang nomor satu di matra Angkatan Laut.

"Saya melihat rekam jejak. Beliau ini kan pernah menjadi gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah di pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan. Semua rekam jejak itu yang saya lihat," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12).

"Selain itu, beliau juga memiliki kepemimpinan yang baik."

Ia pun berpesan kepada Ali untuk berkonsentrasi menjaga kedaulatan negara, utamanya di perairan serta pulau-pulau yang menjadi perbatasan dengan negara lain.

"Indonesia ini kan 2/3-nya adalah air, laut. Jadi konsentrasinya ke sana. Itu yang menjadi tanggung jawab besar dari KSAL," tukas Jokowi.

Baca juga:  Pengamat: Calon KSAL Harus Memiliki Wibawa Internasional

Sebelum dilantik menjadi KSAL, Ali menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkobgabwilhan) I.

Ia juga pernah dipercaya sebagai Asrena KSAL pada 2020-2021, Panglima Komando Armada I pada 2019-2020, Koorshali KSAL di 2019 dan Gubernur Akademi Angkatan Laut pada 2018-2019.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat