visitaaponce.com

Presiden Titipkan 3 Tugas Utama untuk KSAL Baru

Presiden Titipkan 3 Tugas Utama untuk KSAL Baru
KSAL Muhammad Ali(Screenshoot)

KEPALA Staf Angkatan Laut Muhammad Ali mengaku dititipkan sejumlah amanat secara langsung dari Presiden Joko Widodo terkait keamanan laut nasional.

Pertama, ucapnya, melakukan penegakan kedaulatan dan hukum di semua perairan Indonesia, terutama di zona-zona yang berbatasan dengan negara lain.

"Ini di semua wilayah, tidak hanya di Laut Cina Selatan saja tetapi seluruh perbatasan laut. Itu harus ditingkatkan baik penegakan kedaulatannya maupun penegakan hukumnya," ujar Ali selepas dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12).

Kemudian, Kepala Negara juga memberi arahan untuk memperkuat alutsista dengan memanfaatkan sumber daya dari dalam negeri.

Baca juga: Lantik Muhammad Ali Jadi KSAL, Presiden: Saya Lihat Rekam Jejak

Ali mengatakan Presiden ingin industri perkapalan terus ditingkatkan sehingga Indonesia tidak perlu banyak bergantung dari luar negeri.

"Ini untuk kepentingan Angkatan Laut terutama dalam pembangunan kekuatan yang berupa KRI. Sekarang ini TNI Angkatan Laut sudah 70% menggunakan produk dalam negeri, kapal-kapalnya, tapi ini masih harus ditingkatkan," jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga berpesan untuk menyelesaikan masalah penyelundupan, baik orang maupun barang, yang masih banyak terjadi di perairan Indonesia.

"Presiden menekankan untuk mencegah atau menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut," tukas Ali.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat