visitaaponce.com

Didukung Partai Ummat, Anies Baswedan Bentuk Kepercayaan

Didukung Partai Ummat, Anies Baswedan: Bentuk Kepercayaan
Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan berbicara di forum Bawa Ide, di Jakarta Selatan, Rabu (15/2) malam.(MEDIA INDONESIA/YAKUB PRYATAMA WIJAATMAJA )

PARTAI Ummat mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024. Dukungan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilai Anies sebagai bentuk kepercayaan.

“Saya sampaikan kepada semua yang memberikan dukungan, support, itu tanda kepercayaan. Saya sampaikan terimakasih, apresiasi kepada semua,” ucap Anies seusai acara Bawa Ide di Jakarta Selatan, Rabu (15/2) malam.

Anies mengemukakan dalam setiap ajang kontestasi politik demokrasi bakal ada berbagai pihak yang mengutarakan sikap dan arah dukungan. Kondisi tersebut cukup lumrah, apalagi pada masa Pemilu.

“Pemilu pasti akan ada ekspresi dukungan dari mana-mana. Apresiasi, terima kasih, seperti saya bertugas di Jakarta dukungan bisa banyak unsurnya,” terangnya.

Sejauh ini, Anies mendapatkan dukungan dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kendati belum sampai deklarasi resmi, Dukungan dari ketiga partai parlemen yang memenuhi ketentuan ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden sebesar 20% kursi parlemen itu memberi tiket Anies untuk melaju ke Pilpres. 

Meski begitu, Anies belum memiliki pendamping. Ketiga partai menyerahkan keputusan mengenai itu kepada Anies. Ia lantas membeberkan kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang akan dipilihnya nanti. 

"Bicara kriteria, kami melihatnya begini. Tiga yang pertama, teknokratik. Dua yang terakhir terkait arah kerja," ucap Anies.

Yang dimaksud soal teknokratik, yaitu memiliki kontribusi siginifikan pada pemenang. Kriteria kedua, yakni bisa memperkuat barisan koalisi untuk perubahan. Yang ketiga, bisa membantu menjalankan pemerintahan dengan efektif.

"Kemudian keempat, adalah memiliki garis perubahan yang sama bahwa ini adalah pasangan yang menawarkan perubahan. Yang kelima, tentu saja chemistry kerja bersama yang solid," terang Anies.

Namun, Anies mengemukakan bahwa dirinya belum menemukan sosok cawapres yang tepat. Anies menyebut proses pencarian terus dilakukan dan terus mendengar aspirasi dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi.

"Jadi lima ini, dan kita belum tahu, saya juga belum tahu bagaimana nantinya, tapi doakan prosesnya bisa berjalan dengan baik, tentu akan mendengarkan (masukan) dari semua. Harapannya juga mendengar dari Pak Ketum," ujarnya.

Tidak hanya itu, Anies mengeklaim terus mengadakan pertemuan dan berkomunikasi dengan sejumlah ketua umum parpol. Walau begitu, kata Anies, tidak banyak dokumentasi yang dibuka ke publik. “Ketemu terus, tapi tidak ada fotonya,” ucap Anies.

Anies enggan membeberkan terkait ketua umum parpol mana saja yang terus bertemu dengannya. “Saya sampaikan kepada semua yang memberikan dukungan, support, itu tanda kepercayaan. Saya sampaikan terima kasih, apresiasi kepada semua,” ucap Anies. (P-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat