visitaaponce.com

Pertemuan KIB Dipastikan Hanya Dihadiri Tiga Parpol Anggota

Pertemuan KIB Dipastikan Hanya Dihadiri Tiga Parpol Anggota
Viva Yoga Muladi: Wakil Ketua Umum DPP PAN.(MI/Susanto)

Pertemuan partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digelar malam ini di rumah dinas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disebut sebagai pertemuan final untuk menentukan kepastian arah atau keberlanjutan KIB. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat dihubungi mengatakan pertemuan ini akan menghasilkan keputusan arah koalisi di Pemilu 2024.

"Iya pertemuan ini untuk memutuskan kelanjutan dan arah koalisi ini," ujarnya Kamis (27/4).

Dia memastikan pertemuan yang akan dimulai sekitar pukul 20.00 wib tersebut tertutup dan hanya dihadiri oleh partai anggota KIB. Kepastian ini juga disampaikan Viva bahwa tidak ada pihak lain (Jokowi) selain tiga partai politik.

Baca juga: Menanti Nasib KIB Setelah PPP Nyatakan Dukungan untuk Ganjar

"Ini hanya internal kami saja. Ada PPP juga," ucapnya.

Pertemuan tersebut akan digelar tertutup di rumah dinas Airlangga Hartarto. Semua kader partai yang hadir diminta untuk datang sebelum pembicaraan dimulai atau sekitar pukul 19.00 wib.

Baca juga: Dukung Ganjar, PPP Terancam Gagal ke Senayan Lewat Pemilu 2024

Seperti diketahui, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar diyakini banyak pihak tengah berada di ujung tanduk. Salah satu pencetus utamanya adalah keputusan PPP yang menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Nasib mereka akan ditentukan dalam pertemuan yang akan digelar malam ini, Kamis, (27/4).

Sebelum PPP menyatakan mendukung Ganjar, banyak pihak mengira KIB akan tetap maju untuk mendukung Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto sebagai capres di Pemilu 2024. Meski tak sedikit juga yang meragukan mereka akan tetap bertahan mendukung Airlangga mengingat elektabilitas Airlangga yang tak pernah memuaskan.

Setelah PPP mengumumkan dukungan pada Ganjar, dua anggota KIB lainnya memberikan respon bertolak belakang. PAN menyatakan senang dan menghargai keputusan PPP, meskipun mereka sendiri belum mengumumkan capres yang akan didukung. Sementara itu, Golkar secara tegas menyatakan akan tetap mendukung Airlangga untuk maju sebagai capres 2024.

 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat