visitaaponce.com

Pertemuan Jokowi dan ketua Umum Parpol Berpotensi Ciptakan Formasi Ganjar-Prabowo

Pertemuan Jokowi dan ketua Umum Parpol Berpotensi Ciptakan Formasi Ganjar-Prabowo
Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Romahurmuziy (tengah) hadir dalam harlah partai ke-50 di Kantor DPP PPP(MI / Susanto)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) akan menerima enam ketua umum (ketum) partai politik (parpol) pendukung pemerintah di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa malam, (2/5). Pertemuan itu berpotensi mewujudkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto.

"Rencananya dihadiri seluruh ketum parpol pendukung pemerintah minus NasDem, berpotensi mewujudkan koalisi besar dengan formasi Ganjar-Prabowo sebagai capres-cawapres," kata Ketua majelis pertimbangan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy atau Rommy melalui keterangan tertulis, Selasa, 2 Mei 2023.

Rommy tak memungkiri komposisi tersebut bertolak belakang pada sejumlah survei. Elektabilitas Ganjar dan Prabowo masing-masing kerap mendapat posisi puncak pada tingkat keterpilihan capres.

Baca juga : Seperti NasDem, PKS tak Terima Undangan Silaturahmi Lebaran di Istana

"Tentu hal ini terpulang ke Prabowo, apakah bersedia menjadi cawapres di tengah amanat partainya untuk menjadi capres," ujar Rommy.

Ia mengatakan pertemuan tersebut akan berpotensi memfinalisasi koalisi besar. Dengan catatan, partai di luar PDIP dan PPP juga menyatakan dukungan senada.

Baca juga : Temui Jusuf Kalla, Prabowo Sangkal Bicarakan Agenda Jokowi dan Ketum Parpol

"Dimana PDIP-PPP telah menentukan sikap finalnya, sementara yang empat parpol yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan sikap finalnya," ucap Rommy.

Menurut Rommy, pendistribusian dukungan tersebut penting untuk memastikan kesinambungan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini. Khususnya mega-mega proyek infrastruktur pemerintah.

"Ini sejalan dengan harapan Pak Jokowi di beberapa kesempatan terbatas yang mengatakan, bahwa Presiden 2024 diharapkan tetap diusung dan dimotori oleh anggota parpol pendukung pemerintahan saat ini," kata Rommy. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat