visitaaponce.com

Puan dan Yasonna Maju Lagi jadi Caleg PDI Perjuangan

Puan dan Yasonna Maju Lagi jadi Caleg PDI Perjuangan
Puan Maharani dan Yasonna Laoly(Antara/Hafidz Mubarak)

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly dipastikan kembali didaftarkan sebagai bakal calon anggota DPR RI oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Kepastian itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto setelah mengajukan daftar bakal calon anggota legislatif atau bacaleg ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta Pusat Kamis (11/5).

Hasto menjelaskan, pencalonan Puan sebagai bacaleg DPR RI dilakukan dengan mempertimbangkan portofolio putri Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri tersebut. Puan, sebutnya, merupakan Ketua DPR RI perempuan pertama dan sempat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK. Di internal PDI Perjuangan sendiri, Puan menjabat Ketua DPP Bidang Politik.

"Sehingga atas fungsi-fungsinya yang sangat baik tersebut, maka Mbak Puan juga dicalonkan," kata Hasto.

Baca juga: NasDem Optimistis Raih Posisi Dua Besar dan 100 Kursi DPR

Adapun Yasonna menjadi satu-satunya menteri PDI Perjuangan dalam kabinet Presiden Joko Widodo saat ini yang diajukan sebagai bacaleg. Menurut Hasto, Megawati mengedepankan kepentingan bangsa dan negara jelang transisi kepemimpinan setelah Presiden Jokowi menyelesaikan tugasnya pada 2024 mendatang.

"Dari menteri Kabinet Indonesia Maju yang berasal dari PDI Perjuangan yang dicalonkan adalah Bapak Yasonna Laoly," terangnya.

Baca juga: NasDem Resmi Lepas Bacaleg Daftar ke KPU

Hasto mengatakan menteri PDI Perjuangan lainnya ditugaskan untuk fokus membantu Presiden dan Wakil Presiden untuk meninggalkan warisan yang setinggi-tingginya bagi rakyat Indonesia.

PDI Perjuangan sendiri menjadi partai politik peserta Pemilu 2024 ke-3 setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura yang telah mengajukan daftar bacaleg DPR RI ke KPU. Hasto menyebut, pihaknya mendaftarkan 580 bacaleg DPR RI yag sebagian besarnya merupakan pertahana.

"Caleg perempuan sebanyak 33%," ungkap Hasto.

Untuk meningkatkan kualitas anggota dewan, ia juga mengatakan bahwa PDI Perjuangan mengajukan caleg berlatar belakang akademisi (73 orang), purnawirawan TNI/Polri (17 orang) serta budaywan, seniman, dan artis (14 orang). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat