visitaaponce.com

Ganjar Yakin Presiden Jokowi Tidak Intervensi Pemilu 2024

Ganjar Yakin Presiden Jokowi Tidak Intervensi Pemilu 2024
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo.(MI/Bilal)

GUBERNUR Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden (capres) yang diusung PDI Perjuangan Ganjar Pranowo buka suara soal cawe-cawe yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Ganjar tidak mempersoalkan cawe-cawe Jokowi. Ganjar juga meyakini Presiden tidak akan mengintervensi gelaran Pemilu 2024.

"Kalau soal cawe-cawe sebagai kader partai, pasti beliau akan cawe-cawe karena punya hak politik," aku Ganjar di Jakarta, Kamis (1/5).

"Tapi kalau cawe-cawe yang selama ini diartikan akan mengintervensi politik dalam arti keseluruhan yang kemudian menjadi tidak fair, saya kira yang itu tidak akan terjadi," sambungnya.

Baca juga: Cawe-cawe Politik, Jokowi Dinilai Sulit Pisahkan Agenda Pribadi dan Negara

Ganjar percaya Jokowi sedang menggunakan hak politiknya sekaligus sebagai kader partai. Ia menyebut Jokowi sebagai mentor dalam pemerintahan.

Menurut Ganjar, hubungannya dengan Presiden juga baik, mengingat ia pernah menjadi tim sukses Jokowi saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 sampai di Pilpres 2014 dan 2019.

Baca juga: Klarifikasi Istana Soal Kepentingan Jokowi di Pilpres 2024

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui dirinya akan tetap cawe-cawe, tapi dalam arti positif demi bangsa dan negara. Presiden berjanji cawe-cawe yang dilakukannya tidak akan melanggar ketentuan undang-undang dan mengotori demokrasi.

Jokowi memastikan akan cawe-cawe atau terlibat langsung dalam Pemilu 2024. Namun, Jokowi berjanji tidak akan menggunakan perangkat negara.

"Dia (Presiden Jokowi) menggarisbawahi bahwa ini tidak ada kaitannya dengan abuse of power sebagai seorang presiden, saya tidak akan menggunakan aparat," ujar Wartawan senior Yogi Nugraha usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, (29/5).

Jokowi, kata Yogi, mengetahui bagaimana cara berpolitik tanpa melanggar undang-undang. Yogi juga menyebut alasan Jokowi ikut terlibat langsung dalam Pemilu 2024 agar pemimpin yang terpilih dapat melanjutkan tongkat estafet kepimpinan secara baik.

(Z-9)
 


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat