visitaaponce.com

Si Kembar Rihana-Rihani Tipu Sahabat Sendiri. Ini Modusnya

Si Kembar Rihana-Rihani Tipu Sahabat Sendiri. Ini Modusnya
Si kembar penipu penjualan iPhone, Rihana-Rihani.(Instagram)

SEJUMLAH korban si kembar Rihana-Rihani, penipu penjualan iPhone mendatangi Polda Metro Jaya. Mereka mengaku teman dekat kakak beradik itu.

"Kita berempat ini sahabat dekatnya Rihani. Jadi kita sahabat dekat dan kita yakin ya, teman kuliahan sih. Satu kampus di salah satu universitas di Jakarta dan kita kenal keluarganya, tahu rumahnya, jadi kita mau ikut jualin produk mereka," kata salah satu korban, Masayu Nurul Hidayati di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Juli 2023.

Masayu adalah reseller atas penjualan produk handphone Rihana-Rihani sejak Agustus 2021. Masayu mengaku merugi Rp2,5 miliar untuk transaksi 299 unit handphone.

Baca juga : Ditahan, Si Kembar Rihana-Rihani Kena Pasal Berlapis Kasus Penipuan iPhone

"Sekitar 600 unit itu yang berhasil keluar, yang enggak keluar 299 unit. Sementara yang dibawahnya nagih, saya harus nagih ke siapa kalau enggak ke Rihana-Rihani," ungkap Masayu.

Masayu menyebut si kembar beralasan tidak bisa mengeluarkan barang pada April 2022. Kakak beradik itu menjanjikan pengembalian dana pada 30 Mei 2022. "Tapi ternyata tidak. Dia kabur dari rumahnya saat itu," ujar Masayu.

Junita Wedaring Tyas, korban lainnya mengaku merugi Rp6,4 miliar dengan total 1.000 unit handphone. Barang yang ditawarkan Rihana-Rihani bukan cuma i-Phone, ada MacBook, Iwatch, dan Airpods.

Baca juga : Si Kembar Rihana-Rihani Lakukan Penipuan Jual Beli iPhone dengan Skema Ponzi

Sebanyak 1.000 unit barang itu dibeli Junita ke Rihana-Rihani untuk dijual kembali. Namun, nyatanya barang itu tidak ada dan pembeli menagih ke Junita yang telah menyetorkan uang ke si kembar.

Junita mengaku juga teman dekat si kembar. Dia mengaku percaya karena sering melihat unggahan Rihana di akun Instagramnya terkait penjualan produk apple sejak 2021.

"Terus saya tanya karena waktu itu yang dijual itu berupa produk, jadi saya lebih nanya ke barangnya sih, benar apa enggak. Karena saya takutnya ini barang black market jadi saya hanya memastikan barangnya ini dari mana," ungkap Junita.

Baca juga : Digugat Delik Tipu Gelap, Korban Kembar Penipu iPhone Minta Perlindungan LPSK

Harga produk apple yang dijual Rihana-Rihani beragam. Seperti I-Phone 12 pro dijual Rp15 juta, padahal di ibox sekitar Rp17-18 juta. Junita tak percaya ternyata menjadi korban penipuan teman sendiri.

"Saya enggak, pikiran bodoh saya ya. Saya pikir mana ada sih temen mau nipu gitu. Apalagi ini teman dekat dan saya kenal sama keluarganya juga. Jadi saya engga mikir jauh waktu itu, benar-benar tanya barangnya benar atau engga," tutur dia.

Polda Metro Jaya akhirnya menangkap pelaku penipuan I-Phone dengan total kerugian Rp35 miliar, Rihana-Rihani setelah hampir satu bulan buron. Mereka diringkus di Apartemen M Town Residence Gading, Serpong, Tangerang pukul 05.00 WIB, Selasa, 4 Juli 2023.

Si kembar masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda Metro Jaya. Mereka akan ditahan setelah 1x24 jam. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat