visitaaponce.com

Narsis, Lukas Enembe Pasang Foto Wajah di Koin Emas

Narsis, Lukas Enembe Pasang Foto Wajah di Koin Emas
Foto wajah Lukas Enembe di koin emas(KPK)

Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe mengabadikan gambar wajahnya dalam sebuah koin emas. Logam mulia itu kini disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Foto narsis dalam koin emas itu diperlihatkan di Instagram resmi KPK. Bagian depan terlihat wajah Lukas dengan tulisan Property of Mr Lukas Enembe. Adapun, sisi belakang menunjukkan gambar peta Papua dengan tulisan Moy Papua. Secara total, ada empat keping koin emas narsis Lukas Enembe yang diperlihatkan di Instagram resmi KPK.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur tidak mengetahui alasan Lukas mengabadikan potret wajahnya dalam sebuah koin emas. Logam mulia itu didapatkan saat penyidik melakukan penggeledahan.

Baca juga: Keluarga Sebut Persidangan Lukas Enembe akan Jadi Catatan Sejarah

"Kita datang ke suatu tempat, kemudian kita melakukan penggeledahan, ditemukanlah itu dan kita sita," kata Asep di Jakarta, Jumat, 7 Juli 2023.

Emas itu pun sudah diperiksa dan harganya sudah dipastikan oleh ahli. "Itu sudah dibawa ke ahli untuk dinilai kadar emasnya ya," ucap Asep.

Baca juga: Keluarga Ungkap Kondisi Lukas Enembe seusai Dibantarkan di RS

KPK menyita banyak aset Lukas Enembe yang diduga berkaitan dengan pencucian uang. Totalnya ditaksir mencapai Rp144 miliar. Aset itu berupa uang tunai rupiah dan asing, perhiasan, kendaraan, hingga properti.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan penyitaan aset dilakukan untuk memaksimalkan pemulihan kerugian negara. Selain itu, memiskinkan Lukas juga bisa memberikan efek jera.

"Sehingga penanganan kejahatan korupsi dan TPPU bisa benar-benar memberikan efek jera melalui pemiskinan pelakunya," kata Alex.

Semua aset Lukas yang disita itu nantinya bakal dilelang jika sudah mendapatkan keputusan yang berkekuatan hukum tetap dari pengadilan. Hasil lelangnya kemudian bakal diserahkan ke kas negara untuk digunakan untuk pembangunan di Papua. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat