visitaaponce.com

Menhub Budi Karya Sumadi Dipanggil KPK terkait Kasus Suap Jalur Kereta

 Menhub Budi Karya Sumadi Dipanggil KPK terkait Kasus Suap Jalur Kereta
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi(Antara)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini, Jumat (14/7). Dia bakal dimintai keterangan terkait kasus dugaan suap pembangunan jalur kereta api.

"Pemeriksaan dilakukan di kantor KPK," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat.

Selain Budi Karya, lembaga antirasuah juga memanggil Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan M Risal Wasal dan ASN Maulana Yusuf di hari yang sama. Ketiganya diharapkan hadir memenuhi panggilan.

Baca juga: Ogah Bersihkan Kloset, Terpidana Korupsi Suap Petugas Rutan KPK

Sebelumnya, KPK mengulik dugaan pengaturan lelang untuk memenangkan PT Istana Putra Agung dalam proyek pembangunan jalur ganda Kereta Api Solo Kadipiro-Semarang. Informasi tersebut diperoleh dengan memeriksa tiga saksi.

"Didalami pengetahuannya antara lain tentang dugaan settingan untuk memenangkan PT IPA (Istana Putra Agung) saat lelang pekerjaan pembangunan jalur ganda KA Solo Kadipiro-Semarang," tutur Ali.

Baca juga: Geledah 10 Lokasi, KPK Temukan Dokumen terkait Korupsi Dana PEN

Tiga saksi itu meliputi wiraswasta Logam Sehat Utama, serta dua ASN Eko Budi Santoso dan Heni Purwaningtyas. KPK menduga ada petinggi di Kementerian Perhubungan yang diguyur duit untuk menetapkan IPA sebagai pemenang lelang.

"Termasuk aliran dana dari PT IPA ke beberapa pihak termasuk petinggi di Kemenhub," ucapnya tanpa merinci identitas pejabat yang dimaksud. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat