visitaaponce.com

Basis Massa Nahdlatul Ulama Dukung Erick Thohir sebagai Bakal Cawapres 2024

Basis Massa Nahdlatul Ulama Dukung Erick Thohir sebagai Bakal Cawapres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir menjadi anggota kehormatan Barisan Serba Guna Nahdlatul Ulama atau Banser NU.(Antara)

LEMBAGA survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat untuk maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Dukungan kepada menteri yang merupakan andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga datang dari basis massa organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU).

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20 hingga 24 Juni 2023, Erick mendapatakn mayoritas dukungan dari basis massa NU.

Baca juga: Prabowo dan Erick Tunjukkan Kedekatan dengan Jokowi dan Iriana saat Kunjungan Kerja

jAnggota Kehormatan Barisan Serba Guna (Banser) NU ini mendapatkan dukungan sebesar 24,5 persen daripada kandidat lainnya.

“Untuk cawapres hasilnya begini, Erick Thohir menempati peringkat pertama,” terang Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi pada saat melakukan pemaparan hasil survei dalam keterangan pers, Senin (24/7).

Sedangkan di belakang Erick Thohir mengikuti nama-nama lain. Nama-nama lain ini adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: Anies Hadir Virtual pada Peresmian Rumah Anies di Surabaya

Dalam angka, Ridwan Kamil berada di belakang Erick Thohir dengan mendapatkan dukungan sebesar 21,0 persen dari basis massa NU. Kemudian diikuti oleh Sandiaga Uno yang mendapatkan dukungan di angka 16,9 persen.

Di belakangnya, Khofifah yang merupakan Ketum Muslimat PBNU terekam hanya mendapatkan dukungan sebesar 14,4 persen dan terakhir adalah AHY yang didukung oleh 10,5 persen warga NU.

Dengan ini Erick menjadi bakal cawapres yang banyak mendapatkan dukungan dari basis massa NU atau Nahdliyin.

Baca juga: Survei: Erick Thohir Ungguli Gus Imin untuk Dampingi Capres Prabowo Subianto

Perlu diketahui, survei Indikator ini digelar pada 20—24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. 

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat