visitaaponce.com

Kejagung Siap Mengawal Program Dana Desa Lewat Jaga Desa

Kejagung Siap Mengawal Program Dana Desa Lewat Jaga Desa
Jaksa Agung St Burhanudin(MI/Ramdani)

MENINDAKLANJUTI arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan 'Membangun Indonesia dari Pinggiran'. Jaksa Agung ST Burhanudin menginstruksikan jajarannya melakukan pedampingan dan pengawalan program Dana Desa agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara berkelanjutan.

“Jangan sampai mereka (aparat desa) karena ketidaktahuannya menjadi objek pemeriksaan Aparat Penegak Hukum, ini perlu dilakukan bimbingan, pembekalan sehingga pembangunan desa tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran,” ujar Burhanudin dalam keterangannya, Jumat (4/8).

Guna memberikan legitimasi Penegakan Hukum Humanis, Burhanudin mengeluarkan Instruksi Jaksa Agung (INSJA) Nomor 5 Tahun 2023 yakni optimalisasi peran Inteljen melalui program Jaga Desa (Jaksa Garda Desa) sehingga Jaksa semakin dirasakan manfaatnya di tengah-tengah masyarakat dan akan berdampak pula terhadap kepercayaan publik kejaksaan.

Baca juga : Kejagung Berpeluang Hadirkan Suami Puan di Sidang Korupsi BTS

"Membangun sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil, yaitu Desa. Semoga dengan kepedulian kita kepada masyarakat desa, semakin menjadikan Kejaksaan sesuai dengan tema HUT Adhyaksa ke 63, yakni Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis dalam mengawal Pembanguan Nasional," tuturnya

Program Kolaborasi “Jaga Desa” yang diinisiasi Kapuspenkum Kejagung ini diharapkan akan menjadi program unggulan Kejaksaan RI, bahkan kedepan akan menjadi Aksi Nasional.

Baca juga : Kejagung akan Panggil Ulang Mantan Mendag M Lutfi, Pekan Ini

Program ini pun diharapkan dapat membantu pemerintah, baik pusat dan daerah untuk membangun karakter Bangsa Taat Hukum dan Budaya Sadar Hukum, serta salah satu indikator memperoleh kepercayaan publik Kejaksaan adalah menerapkan program-program humanis yang berdampak langsung kepada masyarakat. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat