visitaaponce.com

Dukungan PBB ke Prabowo Perkuat Basis Pemilih Islam

Dukungan PBB ke Prabowo Perkuat Basis Pemilih Islam
Ketua Umum PBB berjabat tangan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto(Antara)

DUKUNGAN Partai Bulan Bintang (PBB) terhadap calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto dianggap saling menguntungkan. Baik Prabowo ataupun PBB sama-sama diuntungkan ats deklarasi tersebut.

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan dukungan PBB dapat menambah akseptabilitas Prabowo dikalangan pemilih muslim. Hal itu dikarenakan PBB diisi oleh kader yang mayoritas beragama Islam.

"Pertama, menambah akseptabilitas Prabowo di segmen pemilih muslim," kata Igor lewat keterangan yang dkterima, Minggu (6/8).

Baca juga: Dukung Prabowo Nyapres, PBB Mau Yusril jadi Cawapresnya

Lanjut Igor, selain bertambahnya dukungan muslim pendukung Prabowo yang sempat merapat ke Anies Baswedan juga kemungkinan akan kembali. Karena PBB yang diperkuat oleh amunisi muslim Indonesia dianggap sangat berpengaruh mengembalikan pendukung Prabowo.

Baca juga: Yusril Berharap Ada Koalisi Partai Nasional-Islam di Pemilu 2024

"Dan mengembalikan lagi pemilih Prabowo 2019 yang kabur ke Anies. Ini artinya akan ada peningkatan elektabilitas Prabowo jelang Pemilu 2024," ujarnya.

Baca juga: KPU Minta Partai Politik Klarifikasi Bacaleg Ganda

Tak hanya kepada Prabowo keuntungan tersebur hinggap. PBB juga secara tidak langsung mendapat keuntungan yang sama.

Partai yang diketuai oleh Yusril  Ihza Mahendra itu berpotensi akan lolos ke Senayan dengan didukung oleh basis pemilih Prabowo. Tingginya elektabilitas Prabowo sebagai capres sangat berpengaruh menjadikan PBB sebagai partai politik yang memenangkan Pilpres.

"Kedua, PBB potensial lolos ambang batas parlemen pada Pileg 2024 karena ikut mengusung Prabowo. Akan ada efek ekor jas terhadap PBB karena tingginya elektabilitas Prabowo saat ini," pungkas Igor. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat