visitaaponce.com

PDIP Hormati Pilihan Politik PAN dan Golkar yang Berlabuh ke Koalisi Prabowo

PDIP Hormati Pilihan Politik PAN dan Golkar yang Berlabuh ke Koalisi Prabowo
Deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN kepada Prabowo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jakarta, Minggu (13/8/2023).(MI/Susanto)

PDIP merespons pilihan politik Partai Golkar dan PAN yang bergabung menjadi bagian dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama Gerindra dan PKB.

“Pertama, kami dari PDI Perjuangan sangat menghormati pilihan dan kedaulatan masing masing partai. Tentu saja hal ini mencerminkan tumbuhnya demokrasi dengan baik,” terang ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah kepada Media Indonesia, Minggu (13/8/2023).

Kemudian, lanjut Said, dengan kerja sama politik yang saat ini sudah yang sudah terjalin antara PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo, Said yakin makin menguatkan basis dukungan ini untuk dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024.

Baca juga : NasDem Sambut Baik Golkar dan PAN merapat ke Prabowo

“Sebagai bahan cerminan, pada pilpres 2014, pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla hanya di usung oleh PDI Perjuangan, PKB, Nasdem, Hanura dan PKPI,” tegasnya.

Walaupun saat itu dari sisi jumlah dukungan partai di pilpres saat itu kalah jauh, namun dengan soliditas dan kerja politik yang kuat di akar rumput terbukti pasangan Jokowi Jusuf Kalla justru mampu memenangkan pilpres dengan perolehan suara 53,15%, sementara Prabowo Hatta 46,88%.

Baca juga : Golkar-PAN merapat ke Prabowo, PKS: Kami Siap Berkompetisi

“Karena itu, dalam keyakinan politik kami, kerja cerdas, dan kepedulian tinggi ke akar rumput, kami yakin bisa merebut dukungan rakyat pada pilpres 2024 lebih besar. Itulah yang akan terus kami pedomani sebagai jalan politik untuk memenangkan Ganjar Pranowo,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Golkar dan PAN baru saja merapat ke poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengatakan kehadiran dua parpol besar itu makin memperkuat koalisi.

"Ini adalah sahabat, saudara yang satu bagian satu tim. Kita akan selesaikan masalah itu sebagai satu tim," ujar Prabowo.

Pria yang juga menjabat Menteri Pertahanan itu juga mengatakan dukungan Golkar dan PAN bertepatan dengan setahun kerja sama Gerindra dan PKB.

Kini, kerja sama poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) ini kian kuat.

"Pada tanggal yang baik ini, 13 agustus 2023, adalah persis satu tahun tanda tangan kerja sama politik antara gerindra dan PKB dan satu tahun kemudian kerjasama politik ini diperkuat oleh dua partai bersejarah partai yang besar," tandasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat