visitaaponce.com

Grace Tahir Terseret Pencucian Uang Rafael Alun

Grace Tahir Terseret Pencucian Uang Rafael Alun
Jaksa menyebut Grace Tahur terseret dalam pencucian yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo.(Medcom/Candra)

PIHAK swasta Grace Dewi Riady atau Grace Tahir terseret dalam dugaan pencucian uang mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo. Nama dia disebut jaksa dalam dakwaan kedua mantan ASN tajir itu.

Keterlibatan Grace terkait dengan jual beli tanah dan bangunan di Simprug Golf XV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Transaksi terjadi pada 2006.

"Terdakwa (Rafael) membeli sebuah tanah dan bangunan," kata jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wawan Yunarwanto di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

Baca juga: Rafael Alun Turut Didakwa Cuci Uang Bareng Istri Sejak 2003

Jaksa menjelaskan transaksi itu senilai Rp5.750.000.000. Aliran dana bergeser dengan cara transfer sebanyak enam kali. Pembelian itu pun disamarkan dengan nama istri Rafael, Ernie Meike Torondek.

"Bahwa untuk menyamarkan transaksi tersebut maka akta jual beli dilakukan antara Ernie Meike Torondek dengan Grace Dewi Riady," ucap Wawan.

Baca juga: Rafael Alun Disebut Terima Gratifikasi Rp16,6 Miliar Bareng Istrinya

Akta jual beli (AJB) aset tersebut tercatat dengan nomor 343/2006 tertanggal 12 Mei 2006. Harganya pun diubah menjadi Rp2.900.000.000.

Dalam dakwaan kedua ini, Rafael disangkakan melanggar Pasal 3 ayat (1) huruf a dan c Undang-Undang RI Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 tentang Perubahan Atas Undang Undang RI Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat