visitaaponce.com

Anies-Cak Imin Diyakini Menang di Jawa Timur

Anies-Cak Imin Diyakini Menang di Jawa Timur
Pasangan bakal capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar(Antara)

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, Jawa Timur, Abdussalam Shohib menyambut positif pengumuman pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Ia meyakini poros baru itu bakal mendulang suara di Jawa Timur saat gelaran Pilpres 2024.

"Jawa Timur kan basis NU dan PKB. Saya kira (raupan suara di Pilpres) bisa mencapai 70%. Itu tergantung berapa pasangan nanti. Kalau tiga pasangan ya 50%," ujar Abdussalam Shohib di Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (3/9).

Prediksi tersebut, sambungnya, bukan tanpa dasar. Ia mengacu pada hasil Pilpres 2019. Kala itu, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin berhasil memperlebar selisih marjin suara hingga 20%dengan rivalnya karena raihan di Jawa Timur.

Baca juga: Bergabungnya PKB Perkuat Daya Tawar Anies Baswedan

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Gus Salam itu, majunya Cak Imin menjadi cawapres juga didukung oleh kiai serta gus yang ada di Jatim.

"Ini menunjukkan jika Jawa Timur adalah warga NU. Insyaa Allah di Jawa Timur menang," ucapnya.

Baca juga: Anies-Muhaimin Akan Berbagi Kantong Suara dengan Ganjar dan Prabowo

Sebelumnya, pada Sabtu (1/9), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) mendeklarasikan pencalonan mereka untuk Pemilu Presiden 2024.

Keduanya diusung oleh koalisi Partai Nasional Demokrat dan PKB. PKS yang sejak awal bergabung di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) belum secara resmi menyatakan dukungan terhadap pasangan tersebut, karena keputusan perubahan koalisi yang dilakukan Partai Nasdem dilakukan secara sepihak.

Sementara Partai Demokrat yang sejak awal juga berada dalam koalisi dan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono sebagai bakal cawapres pasangan Anies memutuskan keluar karena merasa dikhianati oleh Nasdem dan Anies Baswedan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat