visitaaponce.com

Munculnya Cak Imin Dorong Perebutan Cawapres Berlatar NU

Munculnya Cak Imin Dorong Perebutan Cawapres Berlatar NU
Deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024 dilakukan di Surabaya, Jatim, Sabtu (2/9).(MI/Ramdani )

DEKLARASI pasangan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dengan bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diprediksi akan mendorong poros koalisi pengusung Prabowo Subianto dan poros Ganjar Pranowo mengambil langkah serupa.

"PDIP sendiri punya catatan panjang terkait hubungan mereka dengan NU, bisa saja Cawapres Ganjar akan diambil dari tokoh NU untuk meredam laju elektoral Anies-Muhaimin," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah di Jakarta, Selasa (5/9).

Basis massa NU sangat besar dan menjadi incaran dari masa ke masa. Tidak terkecuali, jelang Pemilu 2024, dimana baru koalisi Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang Berani mendeklarasikan cawapres NU mereka. 

Baca juga: Jemput Kemenangan Anies-Cak Imin, NasDem Harap PKB Memobilisasi Warga Nahdliyin

"NU tetap akan jadi perebutan karena basis massa yang mayoritas, terlebih secara politik hanya PKB yang dianggap sebagai partai nahdliyin dan anak politik NU, PPP saja tidak mendapat anggapan itu, itulah sebab munculnya Anies-Muhaimin menjadi momentum kewaspadaan bagi Prabowo juga Ganjar," Jelas Dedi.

Sementara itu poros Prabowo dinilai makin terjebak dengan persona Presiden Joko Widodo. Sejauh ini Prabowo merasa tergantung dengan nuansa dukungan Jokowi.

Baca juga: Kunjungi NasDem, Partai Masyumi Siap Menangkan Anies-Cak Imin

"Ini beresiko karena mereka tidak memiliki persiapan jika sokongan Jokowi ternyata tidak cukup kuat," tutur Dedi. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat