visitaaponce.com

Jokowi Tugaskan Menteri Investasi Cek Kondisi ke Pulau Rempang

Jokowi Tugaskan Menteri Investasi Cek Kondisi ke Pulau Rempang
Polisi menembakkan gas air mata saat membubarkan unjuk rasa warga Pulau Rempang, Batam.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi menugaskan Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, untuk mengecek kondisi Pulau Rempang di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Seperti diberitakan, beberapa waktu lalu terjadi konflik antara warga dan aparat saat pengukuran untuk pengembangan kawasan menjadi Kawasan Rempang Eco City oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Jokowi mengatakan sebelumnya telah ada kesepakatan antara warga setempat dengan BP Batam mengenai ganti rugi dan relokasi. Menurutnya konflik terjadi karena hal itu belum tersosialisasi dengan baik.

Baca juga: Penyelesaian Masalah Rempang Jangan Bahayakan Anak

"Nanti mungkin besok atau lusa Menteri Bahlil akan ke sana untuk memberikan penjelasan mengenai itu," ujar Jokowi di sela-sela kunjungan kerja di Cilegon, Provinsi Banten, Selasa (12/9).

Warga, ujarnya, perlu diajak bicara soal relokasi dan ganti rugi yang sudah disepakati. Jokowi menuturkan warga sepakat diberikan lahan seluas 500 meter serta bangunan rumah tipe 45. Menurut Jokowi kekerasan yang dilakukan aparat adalah bentuk komunikasi yang kurang baik.

Baca juga: Jokowi Akui Gusur Paksa di Pulau Rempang karena Buruknya Komunikasi

"Ya itu bentuk komunikasi yang kurang baik, kalau warga diajak bicara, diberikan solusi. Karena di sana sebenarnya sudah ada kesepakatan bahwa warga akan diberi lahan 500 meter plus bangunan type 45, tetapi ini tidak dikomunikasikan dengan baik. Akhirnya menjadi masalah, menurut saya," terang Jokowi.

Mengutip dari keterangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Investasi RI proyek pengembangan Rempang yang masuk dalam daftar Program Strategis Nasional tersebut harus segera terealisasi. Kerusuhan terjadi antara warga yang mengalami penggusuran dengan aparat, Kamis (9/9.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat