visitaaponce.com

KPU Minta Bantuan Menkes Tunjuk RS untuk Tes Kesehatan Capres-Cawapres

KPU Minta Bantuan Menkes Tunjuk RS untuk Tes Kesehatan Capres-Cawapres
Ilustrasi(MI/Duta )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan untuk menentukan rumah sakit milik pemerintah mana yang bakal digunakan untuk tes kesehatan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya bakal memfasilitasi tes kesehatan tersebut.

"Kami akan memfasilitasi pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter yang dibentuk oleh KPU dan rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU. Kami masih berkonsultasi sama Menteri Kesehatan tentang rumah sakit mana yang ditunjuk untuk menjadi tempat pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/10).

Diketahui, salah satu syarat pencalonan presiden dan wakil presiden adalah mampu secara rohani serta jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden dan wakil presiden serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Baca juga : Sah! KPU Tetapkan Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres, Anies-Muhaimin Nomor 1

Menurut Hasyim, tes kesehatan jasmani dan rohani para calon penting dilakukan untuk memastikan bahwa para calon mampu menjalankan tugas-tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

"Sehingga nanti dapat diambil kesimpulan bahwa masing-masing pasangan calon dinyatakan memenuhi syarat, sehat secara jasmani dan rohani dan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden," tandasnya.

Diketahui, pendaftaran pasangan capres dan cawapres dimulai pada 19-25 Oktober 2023 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. Pada 19-24 Oktober, KPU membuka layanan pendaftaran sejak pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Adapun pendaftaran hari terakhir akan dimulai pada 08.00 sampai 23.59 WIB.

Sejauh ini, baru ada satu kandidat bakal pasangan capres dan cawapres yang siap mendaftar ke KPU, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Pasangan yang dikenal dengan akronim Amin itu diusung oleh partai politik dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yaitu Partai NasDem, PKB, dan PKS.

Sementara itu, kandidat capres usungan PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum memiliki pendamping calon wakil presiden sampai hari ini. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat