visitaaponce.com

KPU Pemeriksaan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Gunakan Dokter yang Sama

KPU: Pemeriksaan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Gunakan Dokter yang Sama
Dokter yang memeriksa pasangan Ganjar-Mahfud sama dengan Anies-Cak Imin.(MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan pemeriksaan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Mahfud MD menggunakan dokter yang sama dengan pasangan bacapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Adapun saat ini Ganjar-Mahfud tengah menjalani tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto sebagai persyaratan Pilpres 2024.

"Sebagaimana yang kita ketahui seperti hari kemarin, hari pertama pemeriksaan kesehatan, durasinya kurang lebih sama, substansi yang akan diperiksa juga sama, metode yang akan digunakan untuk memeriksa juga sama dan tim dokter pemeriksa juga sama," ungkap Ketua KPU Hasyim Asy'ari di RSPAD Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (22/10).

Baca juga: Masalah Fisik dan Jiwa yang Bisa Gagalkan Capres dan Cawapres

Sementara itu, Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya, menerangkan pemeriksaan Ganjar-Mahfud melibatkan 50 dokter. Budi menuturkan pemeriksaan terhadap bacapres kedua yang daftar ke KPU itu berkisar antara 8-10 jam.

"Kami juga sekali lagi melibatkan 50 dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya serta psikolog ada dua orang yang juga involved dalam tim ini," ungkap Budi.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Jalani Tes Kesehatan Capres-Cawapres di RSPAD

Budi menjamin tim dokter di RSPAD profesional dan independen. Tak hanya itu, setelah pemeriksaan pihak. akan melakukan sidang pleno. "Nanti kami akan sidang pleno untuk menilainya hasil pemeriksaan dan kami percaya bahwa tim dokter akan profesional independen dan dapat dipercaya," tandasnya.

Para capres dan cawapres itu dilakukan mengimuti serangkaian tes kesehatan di antaranya diagnostik, CT scan, pemeriksaan pembuluh darah dalam jatung, tes fungsi organ keseluruh, tes pembuluh darah, MRI melihat profile merujuk pada seseorang, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, wawancara untuk mendiagosis gangguan problem solfing dan tes uji narkoba dan USG.

Sebelumnya, pasangan bacapres dan bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar merampungkan medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan secara umum di RSPAD Gatot Soebroto selama kurang lebih 9 jam. Pasangan yang dikenal dengan akronim Amin itu keluar dari gedung MCU RSPAD pada pukul 16.05 WIB.

“Secara resmi saya menyerahkan bahwa beliau berdua telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto," kata Budi, Sabtu (21/10).

Budi menjelaskan, pihaknya langsung melakukan sidang pleno sore ini juga. Namun, hasil pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan Amin baru akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI setelah seluruh rangkaian pemeriksaan bakal calon lainnya rampung. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat