visitaaponce.com

Gerak 98 Gibran Rakabumi Raka, Transformasi Tiga Periode

Gerak 98: Gibran Rakabumi Raka, Transformasi Tiga Periode
Cawapresn Gibran Rakabuming Raka (tengah) berpose dengan sejumlah pelajar di Solo(AFP/STR)

JIMMY Fajar, Juru Bicara Gerakan Aktivis 98 (Gerak 98) mengingatkan soal terpilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai Bacawapres Prabowo Subianto sebagai proses yang sistematis, tidak berdiri di ruang hampa. Lintasan rekam jejak momentum politik yang terjadi saat ini diduga tidak terlepas dari kerangka upaya mempertahankan kekuasaan dengan diktum isu Tiga Periode Jokowi dan kini bertransformasi menjadi Tiga Periode Gibran.

“Kami memperhatikan betul dengan detail dan berdasar akal sehat bahwa proses ini tidak serta merta terlepas berdiri di ruang hampa. Kami menunggu dan terus memperhatikan dan sekarang, praduga kami hal ini adalah bagian dari proses upaya pelanggengan kekuasaan isu Tiga Periode Jokowi, telah bertransformasi menjadi Tiga Periode Gibran,” ujarnya.

Jimmy, yang juga Mantan Aktivis Frontkot (Front Kota) menyatakan, semua anak bangsa memiliki hak untuk memimpin.

Baca juga: Gibran Cawapres, PDIP Fokus Menangkan Ganjar-Mahfud Satu Putaran

Sayangnya, Generasi Z dan Millenial diberikan contoh yang buruk atas proses seseorang menjadi pemimpin. Mempertebal persepsi tidak mudahnya akses seseorang untuk terlibat dalam politik. Contoh terdekat adalah Kaesang dan Gibran justru membenarkan situasi tersebut.

MI/HO--Juru Bicara Gerakan Aktivis 98 (Gerak 98) Jimmy Fajar

“Riset British Council 2022, menggambarkan anak muda saat ini justru menginginkan politik yang bersih dan mereka frustasi melihat kondisi politik yang mempraktekkan KKN, akses dekat dengan penguasa dan pemimpin politik dipergunakan untuk mengamankan kekuasaan. Gibran Rakabuming dan Kaesang adalah contoh yang kurang baik dalam pendidikan politik republik,” lanjutnya.

Jimmy menambahkan, popularitas ternyata tidak selalu linier dan menyimpan potensi bahaya untuk terwujudnya iklim demokrasi yang sehat. Meski demikian, rakyat saat ini sudah maju dan mampu memilah, memilih berdasarkan akal sehat.

Baca juga: Prabowo Heran Usia Capres-cawapres Dipersoalkan

Upaya pemaksaan kekuasaan dengan menggunakan lembaga negara yang diperlihatkan saat ini pasti akan memunculkan perlawanan rakyat pejuang demokrasi. Terbukti ketika rezim Orde Baru runtuh.

“Rezim Orde Baru merupakan contoh bagaimana rakyat dibenturkan dengan dinamika politik yang menghalalkan segala cara menggunakan kekuatan elemen lembaga negara untuk mempertahankan nafsu berkuasa. Ujung dari perlawanan ini adalah runtuhnya Orde Baru,” ungkapnya.

Gerak 98 (Gerakan Aktivis 98) adalah kumpulan aktivis 98 yang tergabung dalam berbagai organ mahasiswa; Forkot, FKSMJ, Frontjak, FAMRED, GEMPUR, Front Kota, FPPHR, GEMA IPB, KPMB dan KB UI serta tersebar di berbagai daerah dan bersama elemen rakyat lain, menumbangkan rezim bobrok Orde Baru dan memulai era Reformasi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat